Sukses

20 Link Twibbon Hari Musik Nasional 2023, Yuk Bikin Ikut Rayakan dan Sebar di Sosmed Kamu!

Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahir sang pencipta lagu Indonesia Raya yaitu WR Supratman dan kamu bisa ikut merayakan salah satunya dengan membuat Twibbon.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 tahun 2013 yang ditandangani Presiden keenam Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ditetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Mengapa 9 Maret yang jatuh tepat pada hari ini, Kamis (9/3/2023) ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional?

Rupanya penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahir sang pencipta lagu Indonesia Raya yaitu WR Supratman.

WR Supratman sendiri pun juga telah dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional atas jasanya menciptakan lagu kebangsaan yang hingga saat ini masih didengar dan dinyanyikan.

Diharapkan dalam peringatan Hari Musik Nasional ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musikus Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

Namun uniknya, penetapan Hari Musik Nasional ini sempat menimbulkan kontroversi. Sebab, tanggal lahir WR Supratman diperdebatkan, berdasarkan penelusuran sejarah ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa WR Supratman justru dilahirkan pada 19 Maret 1903, bukan 9 Maret 1903.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tanggal 9 Maret telah resmi ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional.

Lalu bagaimana jika kamu ingin ikut menyemarakkan Hari Musik Nasional 9 Maret? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat Twibbon Hari Musik Nasional.

Lantas, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Twibbon Hari Musik Nasional 2023

Untuk membuat Twibbon Hari Musik Nasional 2023 pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 4 halaman

Link Twibbon Hari Musik Nasional 2023

1. https://twb.nz/musikindonesiakeren

2. https://twb.nz/musicdayims

3. https://twb.nz/musik-nasional

4. https://twb.nz/harimusiknasionalbydisbudpar

5. https://twb.nz/smerabayaharimusik

6. https://twb.nz/partaigeloraharimusik

7. https://twb.nz/harimusiknasional2023a

8. https://twb.nz/wk6musiknasional

9. https://twb.nz/komunitasgitarisspenlusa

10. https://twb.nz/sout

11. https://twb.nz/pcmsharimusiknasional

12. https://twb.nz/harimusikkc

13. https://twb.nz/harimusiknasionaltwosix

14. https://twb.nz/harimusik2023

15. https://twb.nz/harmusnas2023nosata

16. https://twb.nz/bbpmpharimusiknasional

17. https://twb.nz/musicnasioanl

18. https://twb.nz/kampanyeharmunas2023

19. https://twb.nz/musiknasional2023

20. https://twb.nz/damkarke1042023

 

4 dari 4 halaman

Makna Hari Musik Nasional

Makna dan tujuan penetapan Hari Musik Nasional ini adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Oleh sebab itu, di setiap peringatan Hari Musik Nasional biasanya ada penghargaan bagi insan musik Indonesia baik yang masih hidup atau yang telah wafat.

Menurut Keppres Nomor 10 Tahun 2013, musik sendiri merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional.

Diharapkan dalam peringatan Hari Musik Nasional ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musikus Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.