Sukses

Ratusan Jurnalis Hadiri Jurnalis Fest 2023, Wakil Ketua MPR: Suasananya Pecah!

Jazilul mengapresiasi kegiatan Jurnalist Fest sebagai langkah yang menunjukkan keteladanan, di mana saat ini Indonesia memang membutuhkan kebersamaan sekaligus kepedulian.

Liputan6.com, Jakarta Sorak-sorai riuh rendah terdengar ramai di setiap sudut Taman Pemuda Pratama, Tanah Baru, Kota Depok, Sabtu (25/2/2023) pagi. Ratusan jurnalis yang terdiri dari 14 forum dan komunitas jurnalis se-Jabodetabek itu saling berteriak melontarkan dukungan. Ada pula yang saling mengejek untuk menjatuhkan mental lawan.

Momen itu terjadi sesaat Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid bersama para Pembina Jurnalis Indonesia Peduli (JIP), Pratama Dahlian Persadha dan Tole Sutrisno serta Ketua Panitia Jurnalis Fest 2023, Johanes Odja dan Kapolsek Tanah Baru, Kompol Tirto membuka Jurnalis Fest 2023. Kelimanya secara simbolis menembak tiga buah sasaran dengan menggunakan senapan paintball hingga terjatuh.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Jurnalis Fest 2023 saya buka," ungkap Jazilul Fawaid diamini para pembina JIP.

Usai membuka acara, mereka kemudian melawan perwakilan wartawan dalam arena paintball. Pertarungan memperebutkan yang cukup sengit pun terjadi, namun lewat kekompakan, tim yang dipimpin Jazilul berhasil menang dua babak.

"Saya mengapresiasi kegiatan Jurnalist Fest yang diadakan JIP. Penting menurut saya, ini langkah yang menunjukkan keteladanan, di mana saat ini Indonesia memang membutuhkan kebersamaan sekaligus kepedulian," Jazilul.

"Suasananya pecah! JIP memberikan contoh kepada masyarakat, bagaimana bersama-sama membangun gotong royong untuk Indonesia lebih maju, lebih baik," tambahnya.

Melanjutkan rangkaian acara, Jazilul pun meninjau seluruh cabang lomba yang dipertandingkan dalam Jurnalis Fest 2023. Antara lain, lomba mancing, lomba tenis meja, lomba paint ball sampai lomba karaoke. Perlombaan ini diikuti sebanyak 14 forum dan komunitas jurnalis se-Jabodetabek dengan total peserta 140 orang.

Berbagai forum dan komunitas jurnalis yang hadir antara lain, Kontributor Jakarta Raya, Forum Wartawan Polri, Forum Wartawan Hiburan, Seputar Jurnalis FC. Selanjutnya, Forum BUMN, Pokja Wartawan Depok, Pokja Wartawan Bekasi, Pokja Wartawan Bogor, Jurnalis Mountain Bike.

Kemudian, Pewarta Foto Indonesia, Jurnalis 4x4, Forum Wartawan Parlemen DPR/MPR RI, Pokja Tangerang Kota dan Jurnalis Cross. Para jurnalis terlihat sangat antusias mengikuti perlombaan. Terlebih dalam final pertandingan paint ball antara Kontributor Jakarta melawan Jurnalis Cross.

Walau diguyur hujan, dan seluruh baju kotor penuh tanah, mereka bersemangat memenangkan perlombaan. Semangat serupa pun ditunjukkan para pendukung masing-masing forum jurnalis. Mereka saling berteriak memberikan semangat kepada kawan sekaligus menjatuhkan mental lawan.

14 menit pertandingan pun berlalu, turnamen paintball akhirnya dimenangkan Tim Jurnalis Cross. "Bukan hanya perlombaan, JIP juga menggelar Bazar yang diikuti belasan UMKM dan sebelum hari ini, temen-temen juga menggelar pelatihan jurnalistik dasar dan konten kreatif yang diikuti oleh 60 organisasi relawan SAR se-Jabodetabek di sini," ungkap Pratama (24/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruang Menjalin Silaturahmi

Atas kesuksesan dan meriahnya acara, dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, antara lain MIND.id, BNI, Semen Indonesia, PLN, dan Hutama Karya. Kemudian Pertamina Hulu Energy, Pertamina Patra Niaga, The Purnomo Yusgiantoro Centre.

Selanjutnya, Kemenparekraf, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Riset Siber CISSReC, dan TA Pro Music dan Publishing.

"Jurnalis Fest 2023 ini jadi awal dan akan terus diadakan tahun depan dan selanjutnya. Karena bukan hanya sebagai bentuk apresiasi dalam rangka HPN, tetapi ini menjadi ruang berkumpul dan menjalin silaturahmi antarjurnalis," ujar Pratama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.