Sukses

Polri Siapkan Pengamanan Jalur Mudik Lebaran 2023 

Korlantas Polri telah mengecek ruas tol Trans Jawa untuk memastikan kesiapan menyambut arus mudik Lebaran 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan infrastruktur dan pengamanan jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

"Semuanya sudah baik, tinggal mempersiapkan pengamanannya, infrastruktur kami siapkan khususnya personel yang bertanggung jawab untuk pengamanan," kata Direktur keamanan dan keselamatan Korlantas Polri Brigjen Ery Nursatari dikutip dari Antara.

Hal itu disampaikan Ery saat mengecek jalur mudik Tol Semarang-Surabaya menjelang kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2023 pada Jumat, 24 Februari 2023 dengan tujuan akhir Pos Polantas Cito, Surabaya, Jawa Timur.

Pengecekan juga dilakukan di Rest Area KM 575B di Exit Tol Solo-Ngawi, Jawa Timur untuk melihat kesiapan kantong parkir.

Tiba di Pos Lantas Cito, Surabaya pihak Korlantas Polri dan stakeholder mendapatkan pemaparan dari Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes M Taslim Chairuddin terkait kesiapan mudik lebaran 2023.

Eri berharap aparat kepolisian di daerah harus lebih tanggap dan jeli melihat situasi. Sebab, keberadaan anggota di ruas jalur tol sangat diperlukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi saat arus mudik lebaran 2023 nanti.

"Jadi perlu ada keberadaan anggota yang mengatur. Pasti ada cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kepadatan, yang penting anggota siap dengan cara bertindak yang tepat," katanya menegaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Tidak Mudik Pakai Kendaraan Roda Dua

Survei jalur mudik telah dilakukan pada Kamis 23 Februari 2023 oleh kepala Korlantas Polri dan stakeholder dari Tol Jakarta-Semarang. Survei jalu mudik kemudian dilanjutkan pada Jumat 24 Februari 2023 dari Tol Semarang-Surabaya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya pada momen Lebaran tahun ini dalam keadaan prima.

Pemudik diminta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua dan disarankan beralih ke moda transportasi lainnya demi keselamatan selama di perjalanan.

Kakorlantas mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh semua pihak, dengan ketersediaan jalur tol yang nantinya akan beroperasi pada kesiapan mudik lebaran tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.