Sukses

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas Sudah Dibuka, Pemprov Siapkan Dana Rp375 M

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mengalokasikan anggaran program Beasiswa Kalimantan Timur Tuntas (Beasiswa Kaltim Tuntas).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mengalokasikan anggaran program Beasiswa Kalimantan Timur (Beasiswa Kaltim) sebesar Rp375 miliar pada 2023 dengan target sasaran kepada 40 ribu orang.

"Tahun 2022 kemarin anggarannya Rp304 miliar bisa mencapai 39 ribu penerima. Maka tahun ini, dengan anggaran Rp375 miliar, penerima kita target di atas 40 ribu," ujar Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) Iman Hidayat di Samarinda, melansir Antara, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan, pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur resmi dibuka pada Senin 20 Februari 2023. Namun, masa pendaftaran ini baru dibuka untuk mahasiswa sampai dengan 31 Maret 2023. Sementara, masa pendaftaran BKT untuk kategori siswa baru dibuka sepekan kemudian, pada 1 Maret hingga 7 April 2023.

"Para calon pendaftar, dapat melakukan registrasi dengan mengakses laman https://beasiswa.kaltimprov.go.id/," ucap Iman.

Iman menjelaskan, masa pendaftaran siswa dan mahasiswa sengaja dibedakan untuk mengantisipasi overload pada laman beasiswa di hari pertama pendaftaran.

"Kenapa siswa belakangan, Karena kalau bersamaan, maka semua akan menumpuk di hari pertama dan website bisa overload. Jadi kita buat bergilir untuk mengantisipasi," kata Iman.

Secara umum, cara pendaftaran dan kategori beasiswa masih sama seperti dengan tahun sebelumnya. Hanya ada beberapa tambahan di tahun ini untuk kategori Beasiswa Tuntas Kerja Sama bagi mahasiswa.

Di mana, pihak BP-BKT menambah jalur kerja sama dengan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) Jakarta untuk jurusan penerbangan. Dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Solo untuk jurusan Ortotik Prostetik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran Beasiswa

Sementara untuk pendaftaran kategori siswa, juga sedikit mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Di mana, metode pendaftaran yang sebelumnya dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa, tahun ini dilakukan melalui sekolah. Jadi pihak sekolah yang mendaftarkan siswanya dalam registrasi beasiswa.

"Tahun sebelumnya pendaftaran langsung. Tahun ini semua dilakukan melalui sekolah. Dengan beberapa pertimbangan untuk lebih menyentuh semua jenjang. Jadi kelas 1-5 yang belum paham IT, pendaftaran bisa dilakukan tim di sekolah," jelas Iman.

Melansir laman resminya https://beasiswa.kaltimprov.go.id/, berikut waktu pendaftaran:

1. Untuk Mahasiswa : 20 Februari s/d 31 Maret 2023

2. Untuk Siswa : 1 Maret s/d 7 April 2023

Laman pendaftaran https://beasiswa.kaltimprov.go.id/.

Diharapkan kepada pendaftar untuk:

1. Membaca dan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang ada didalam Petunjuk Teknis.

2. Petunjuk Teknis untuk masing-masing kategori dan jenis beasiswa dapat dilihat pada laman https://beasiswa.kaltimprov.go.id/ mulai tanggal 14 Februari 2023.

3. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan atau dipersyaratkan, sesuai ketentuan yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.