Sukses

Top 3 News: Anies Disindir Bawaslu, Partai Nasdem Bereaksi

Pernyataan Ketua Baswaslu RI Rahmat Bagja terkait sosok calon presiden (capres) yang melakukan safari politik sebelum waktunya ditanggapi oleh Partai Nasdem.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, terkait pernyataan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengenai sosok calon presiden (capres) yang melakukan safari politik sebelum waktunya ditanggapi oleh Partai Nasdem.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Nasdem Hermawi Taslim, bakal capres 2024 Partai Nasdem Anies Baswedan melakukan perjalanan ke berbagai daerah untuk mendengarkan suara hati rakyat.

Hermawi pun menegaskan, Partai Nasdem dan Anies selalu menaati aturan yang berlaku. Tak hanya itu, dia menyebut, pihaknya tidak bisa membendung antusiame masyarakat saat Anies melakukan perjalanan ke berbagai daerah.

Berita lain yang masuk dalam top 3 news adalah mengenai Direktorat Jenderal Pemasyarakat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Pas Kemenkumham) menyatakan siap memberi remisi tambahan bagi Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Apriyati menjelaskan, remisi tambahan diberikan lantaran status justice collaborator (JC) terpidana kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J diterima Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja yang menyinggung soal safari politik calon presiden (capres) ke sejumlah wilayah di Indonesia jelang pemilihan umum (Pemilu).

Perihal tersebut, Bagja menegaskan bahwa ada aturan kampanye sebelum pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Bagja menjelaskan bahwa safari politik harusnya dilakukan di internal partai. Terlebih masa kampanye belum dibuka resmi. Sehingga, belum seharusnya melibatkan masyarakat di tempat umum.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 20 Februari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ketua Bawaslu Sindir Anies, Nasdem Bereaksi

Wakil Sekretaris Jenderal Nasdem, Hermawi Taslim, merespons pernyataan Ketua Baswaslu RI Rahmat Bagja terkait sosok calon presiden (capres) yang melakukan safari politik sebelum waktunya.

Dia menilai bakal capres Partai Nasdem Anies Baswedan melakukan perjalanan ke berbagai daerah untuk mendengarkan suara hati rakyat.

"Kami berterima kasih atas komen ketua Bawaslu yang intinya tidak melarang kegiatan yang tengah kami lakukan. Menurut saya komentar itu merujuk pada ketentuan hukum yang berlaku, yang senantiasa kami taati. Perjalanan kami bersama Pak Anies, hanyalah memperkenalkan beliau, mengajak beliau untuk mendengar suara hati rakyat di berbagai wilayah," kata Hermawi saat dikonfirmasi, Senin 20 Februari 2023.

Dia pun menegaskan, Partai Nasdem dan Anies selalu mentaati aturan yang berlaku. Tak hanya itu, Hermawi menyebut, pihaknya tidak bisa membendung antusiame masyarakat saat Anies melakukan perjalanan ke berbagai daerah.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ditjen Pas Kemenkumham Siapkan Remisi Tambahan bagi Richard Eliezer

Direktorat Jenderal Pemasyarakat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Pas Kemenkumham) menyatakan siap memberi remisi tambahan bagi Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E.

Remisi tambahan diberikan lantaran status justice collaborator (JC) terpidana kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J diterima Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

"Dalam pasal 35a ayat 1, 2, 3, dan 4 bahwa remisi bagi justice collaborator adalah jenis remisi tambahan besarannya diberikan 1/2 dari besaran remisi umum tahun berjalan," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Apriyati dalam keterangannya, Senin 20 Februari 2023.

Rika menyebut, terkait remisi tambahan bagi JC tertuang dalam pasal 35 a ayat 1, 2, 3, dan 4 serta pasal 37 Permenkumhan Nomor 7 Tahun 2022 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga (CMK), Cuti Menjelang Bebas (CMB), Pembebasan Bersyarat (PB), dan Cuti Bersyarat (CB) bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Bawaslu Soroti Capres yang Keliling Terus: Harusnya di Internal Partai, Jangan Libatkan Masyarakat

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyinggung soal safari politik calon presiden (capres) ke sejumlah wilayah di Indonesia jelang pemilihan umum (Pemilu). Perihal tersebut, Bagja menegaskan bahwa ada aturan kampanye sebelum pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

"Kemudian safari politik, kemudian ada mohon maaf nih, keliling terus, lama-lama kan ono opo iki (ada apa ini)? Capres itu doang yang keliling terus," kata Bagja dalam acara diskusi publik KedaiKOPI bertajuk OTW 2024 setahun jelang pemilu, mata rakyat tertuju ke KPU dan Bawaslu di Hotel Erian, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 19 Februari 2023.

Bagja menjelaskan bahwa safari politik harusnya dilakukan di internal partai. Terlebih masa kampanye belum dibuka resmi. Sehingga, belum seharusnya melibatkan masyarakat di tempat umum

"Nah, safari politik itu jadi persoalan bagi kita karena di internal partai seharusnya. Tidak usah melibatkan masyarakat. Sekarang jangan juga kita, kalau di internal partai oke lah, di gedung," kata dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.