Sukses

3 Janji Sir Jim Ratcliffe Bila Jadi Beli Manchester United

Ini adalah 3 janji Sir Jim Ratcliffe bila memang jadi membeli Manchester United dari tangan keluarga Glazer.

Liputan6.com, Jakarta - Sir Jim Ratcliffe dan INEOS menjadi salah satu nama pihak yang tertarik membeli tim Manchester United, dan mengambilalih kepemilikan dari Keluarga Glazer.

Diketahui Manchester United sudah dibeli oleh keluarga Glazer sejak 2005 dan sedang berusaha menjual tim berjuluk Setan Merah tersebut ke pihak yang berminat.

Nama Sir Jim Ratcliffe dan INEOS sendiri sudah sering muncul dalam pemberitaan, sebagai salah satu pihak yang ingin menjadi pemilik baru klub asuhan Erik ten Hag itu.

Walau sempat tidak terlalu dianggap serius, Ratcliffe pun melayangkan rencana dan janji untuk Manchester United seandainya mereka menjadi pemilik mayoritas klub bermarkas di Old Trafford itu.

Pernyataan ini mencuat sehari setelah ketua Qatar Islamic Bank (QIB), Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani mengonfirmasi, mereka telah mengajukan penawaran untuk membeli keseluruhan klub.

Mengutip Manchester Evening News, Minggu (19/2/2023), ini adalah 3 janji Sir Jim Ratcliffe bila jadi membeli Manchester United.

1. Kembali Bikin Manchester United Sebagai Klub Nomor Satu di Dunia

Informasi, terakhir kali Man United menjadi klub nomor satu di dunia adalah pada tahun 2008, ketika klub Setan Merah berhasil memenangkan Piala Dunia Antarklub.

15 tahun berlalu, Manchester United jauh dari kata klub nomor satu. Ada banyak alasan kenapa MU terperosok jauh, dimana salah satunya adalah terkait investasi.

"Kami ambisius dan sangat kompetitif dan ingin berinvestasi di Man United untuk menjadikan mereka klub nomor satu di dunia sekali lagi," kata Ratcliffe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kembalikan MU ke Manchester

<p>Dilansir dari Manchester Evening, Ratcliffe merupakan pemilik klub Liga Prancis, OGC Nice sebelum kabar tentang keinginnanya membeli klub yang berjuluk Setan Merah tersebut mencuat. (AFP/Valery Hache)</p>

Pernyataan ini dibuat dalam konteks mengakui pran mereka sebagai "penjaga jangka panjang" klub "atas nama fans dan masyarakat luas".

Mereka juga mengakui, "tata kelola sepak bola di negara ini sedang berada di persimpangan jalan" dengan Buku Putih Pemerintah yang sedang digodok dan diterbitkan akhir bulan ini.

Keinginan untuk "memimpin MU ke bab berikutnya", serta keingina memperdalam "budaya sepak bola Inggris dengan menjadikan klub sebagai mercusuar untuk pendekatan kepemilikan yang modern, progresif, dan berpusat pada penggemar".

Diyakini, ini mengisyaratkan Ratcliffe dan INEOS juga berbagi fokus investasi dalam fasilitas klub, termasuk dengan pengaturan akademi untuk melahirkan pemain terbaik dan mampu tampil di liga utama.

3. Menangkan Liga Champions

Ilustrasi logo Manchester United (Business of Soccer)

Terkait dengan janji Ratcliffe untuk membawa Manchester United kembali menjadi klub nomor 1 dunia, menang di Liga Champions akan menjadi kesempatan terbaik untuk mewujudkannya.

Untuk mencapai hal tersebut, tim Setan Merah harus lolos kualifikasi di empat besar Liga Premier, atau memenangkan Liga Europa, sebelum akhir musim ini akan menjadi langkah pertama dalam perjalanan itu.

Dengan deretan pemain yang menjanjikan di bawah asuhan Erick ten Hag, MU memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

3 dari 4 halaman

Berapa Harga Jual Manchester United? Ini Bocorannya

<p>Bek Manchester United, Diogo Dalot mengontrol bola dari kawalan pemain Aston Villa, Tyrone Mings pada pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris 2022 di Stadion Old Traffodr, Manchester, Inggris, Jumat (11/11/2022). MU menang atas Aston Villa dengan skor 4-2. (AP Photo/Dave Thompson)</p>

Saham Manchester United (MANU) melonjak sekitar 10 persen pada perdagangan Kamis, 16 Februari 2023 di tengah spekulasi klub tersebut dapat menerima sejumlah tawaran pengambilalihan.

Keluarga Glazer yang memiliki Manchester United, telah menetapkan tenggat waktu pukul 10 malam waktu Inggris untuk penawaran awal

Beberapa grup swasta di Arab Saudi juga telah mengikuti penawaran tersebut. Jim Ratcliffe, miliarder pemilik raksasa bahan kimia Inggris INEOS Group, telah secara terbuka mengonfirmasi dia juga bermaksud mengajukan penawaran untuk klub tersebut.

Lalu, berapa harga Manchester United bila dijual?

Meskipun keuntungan 3,2 miliar Pound Sterling pasti akan disambut baik oleh keluarga Glazer, sebenarnya itu mungkin tidak cukup.

Menurut Sky Sports, Glazers ingin klub tersebut dijual seharga 5 miliar Pound Sterling, dikutip dari laman Hitc.com, Minggu (19/2/2023).

Sheikh Jassim adalah anggota Keluarga Kerajaan yang berkuasa di negara Teluk itu, yang menurut The Sun memiliki kekayaan bersih kolektif sebesar 275 miliar Pound Sterling.

Dalam hal itu, ia diyakini mampu meningkatkan tawarannya dengan tambahan 1 miliar Pound Sterling.

4 dari 4 halaman

Keluarga Glazer

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Pada 2003, taipan olahraga AS Malcolm Glazer mulai mengoleksi saham MU. Selang dua tahun, tepatnya pada 2005, Keluarga Glazer memenangkan kendali dengan pembelian leveraged yang menghargai klub sebesar 790 juta pound.

Pada 2011, klub mempertimbangkan listing pasar saham di Hong Kong atau Singapura, tetapi menunda rencana di tengah gejolak pasar saat itu. Tahun berikutnya, klub memutuskan untuk listing di New York Stock Exchange (NYSE) dan berhasil mengumpulkan sekitar USD 233 juta dengan valuasi USD 2,3 miliar.

Pada 2021, Glazers menghadapi ketidakpuasan penggemar yang meningkat. Ia bahkan berniat menjual saham MU senilai lebih dari 4 miliar pound. Sekitar setahun kemudian, pada 16 Agustus 2022 Elon Musk mengaku telah membeli saham MU dalam sebuah cuitan di akun Twitter pribadinya. Belakangan dijelaskan bahwa itu hanya lelucon.

Sehari setelahnya, pada 17 Agustus 2022, Miliarder Inggris Jim Ratcliffe tertarik untuk membeli klub tersebut. Teranyar, pada November 2022 klub mengatakan keluarga Glazer tengah bekerja dengan penasihat keuangan dalam proses yang dapat mengarah pada penjualan sebagian atau investasi termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur.

Susunan Manajemen dan Direksi di Klub Manchester United

  • Wakil Ketua Eksekutif dan Direktur: Avram Glazer
  • Wakil Ketua Eksekutif dan Direktur: Joel Glazer
  • Chief Executive Officer dan Direktur: Richard Arnold
  • Chief Financial Officer dan Direktur: Cliff Baty
  • Chief Legal Officer/Penasihat Umum dan Direktur: Patrick Stewart
  • Direktur: Kevin Glazer
  • Direktur: Bryan Glazer
  • Direktur: Darcie Glazer Kassewitz
  • Direktur: Edward Glazer
  • Direktur Independen: Robert Leitao
  • Direktur Independen: Manu Sawhney
  • Direktur Independen: John Hooks

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.