Sukses

GP Mania Alihkan Dukungan ke Prabowo, Soal Cawapres Bisa Siapa Saja

Immanuel mengatakan, urusan dukungan cawapres bukan domain Jokowi Mania. Jadi sosok manapun yang dipasangkan, kelompok relawan tersebut pasti akan mendukung selama tidak menimbulkan perpecahan.

Liputan6.com, Jakarta Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) yang juga Ketua Jokowi Mania (Joman) menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 usai membubarkan diri. Untuk urusan pendamping atau Calon Wakil Presiden (Cawapres), siapapun dinilai tidak jadi soal.

"Karena DPP Jokowi Mania inginnya presidennya Prabowo, kita sebenarnya presidennya, nggak wapresnya,” ujar Ketua Umum GP Mania, Immanuel Ebenezer di Kantor DPP Jokowi Mania, Jalan Panglima Polim VII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).

Menurut Immanuel, urusan dukungan cawapres bukan domain Jokowi Mania. Jadi sosok manapun yang dipasangkan, kelompok relawan tersebut pasti akan mendukung selama tidak menimbulkan perpecahan.

"Kalau wakilnya siapa terserah. Kita senang. Yang paling penting demokrasi kita di depan nanti diisi gagasan-gagasan yang sah,” jelasnya.

Yang terpenting, kata pria yang biasa disapa Noel ini, calon wakil presiden (cawapres) Prabowo nanti mengedepankan sisi kemanusiaan, tidak berdiri di atas kebencian, dan berpihak pada kepentingan rakyat.

"Kita enggak mau nanti demokrasi kita diisi oleh narasi-narasi kebencian, perpecahan, apalagi kita sepakat bahwa musuh demokrasi hari ini adalah apa? kebencian,” sambung Immanuel.

Dia mencontohkan situasi saat membubarkan GP Mania sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo. Ada banyak pihak yang menyerangnya lantaran menggugat keberanian Gubernur Jawa Tengah itu.

Saya hanya menggugat mas Ganjar tidak punya idealis, saya diserang. Tambah lagi kemarin saya datang ke Nasdem cuma diskusi, ketemu saja dengan kawan saya tambah lagi kesurupan.Hari ini apalagi sudah terbuka saya dukung pak Prabowo,” Immanuel menandaskan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alhkan Dukungan dari Ganjar

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer alias Noel mengaku pihaknya mempertimbangkan untuk mengalihkan dukungan ke tokoh lain selain Ganjar. Salah satunya adalah Prabowo Subianto. 

Hal ini disampaikan Noel setelah membubarkan relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) sekaligus mencabut dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu sebagai Capres 2024.

Menurut Noel, Prabowo Subianto adalah sosok pemimpin berintegritas serta loyal terhadap Presiden Jokowi.

"Itu kita masih dalam pertimbangkan. Ya harapan kita pasti akan mendukung salah satulah," katanya.

Pada saatnya, Joman akan mendeklarasikan dukungan kepada salah satu tokoh calon presiden. Noel bilang, yang pasti adalah sosok yang memiliki komitmen tinggi.

"Pokoknya orang yang punya komitmen terhadap republik ini, yang berpihak terhadap keadilan, berpihak terhadap kemanusiaan, dan paling penting berpihak terhadap demokrasi," ujar inisiator relawan GP Mania ini.

Terkait hal ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menghalangi dukungan apapun dari masyarakat terhadap ketumnya Prabowo Subianto.

"Apapun itu aspirasi dari masyarakat kita tidak bisa halangi, termasuk dukungan dari beberapa organ yang kemarin sudah menyatakan kemungkinan mendukung kami," ujar Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Meski demikian, Dasco mengaku Gerindra saat ini masih fokus memperkuat internal partai dan memperkuat koalisi bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Biar bagaimana pun kami juga akan lebih fokus memperkuat internal, koalisi PKB di Pilpres," ucap Dasco. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.