Sukses

7 Imbauan dan Pesan Para Tokoh Jelang Puncak Acara Peringatan 1 Abad NU

Puncak peringatan 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama akan digelar besok pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Liputan6.com, Jakarta - Puncak peringatan 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama akan digelar besok pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Diperkirakan 1 juta warga nahdliyin, sebutan warga NU dari seluruh Indonesia akan hadir. Termasuk 300 ulama dunia juga diprakirakan bakal hadir.

Sejumlah imbauan dikeluarkan oleh para tokoh jelang acara puncak peringatan 1 Abad NU. Salah satunya Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nasir.

Haedar berharap, pada Harlah ke-1 abad ini, NU semakin digdaya untuk peran kebangsaan dan kemanusiaan semesta yang berwawasan persaudaraan dan kerahmatan multiranah.

Haedar mengatakan, NU dengan semangat merawat tradisi, dan Muhammadiyah dengan orientasi reformasi budaya, bisa sinergi dan menjelma menjadi penjaga bangunan keindonesiaan yang mengintegrasikan agama, Pancasila dan kebudayaan luhur bangsa sebagai nilai utama dalam perikehidupan berbangsa dan bernegara.

"Selamat Satu Abad NU, semoga Allah melimpahkan rahmat, berkah, dan karunia-Nya," kata Haedar dikutip dari situs muhammadiyah.or.id, Senin (6/2/2023).

Selain itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berharap pelaksanaan resepsi 1 abad NU berjalan dengan aman dan lancar. Dia menilai Sidoarjo siap menggelar resepsi puncak peringatan 100 tahun di GOR Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023.

Khofifah memastikan kesiapan dengan meninjau langsung venue resepsi 1 abad NU di GOR Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Berikut sederet imbauan dan pesan para tokoh jelang peringatan 1 Abad NU yang akan digelar besok pada Selasa 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pangdam Brawijaya

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/ Brawijaya Mayjen Farid Makruf menyiagakan personel mengantisipasi gesekan massa saat peringatan Hari Lahir 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Kegiatan yang dipusatkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada 7 Februari 2023, itu rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kami memegang komando kendali pengamanan. Tujuannya meminimalisasi hal-hal yang tidak diduga saat kegiatan berlangsung. Kami mengantisipasi gesekan saat terjadi penumpukan massa yang berpotensi menimbulkan konflik," kata Farid ditulis Senin (6/2/2023), dikutip dari Antara.

Pangdam Brawijaya menginstruksikan agar setiap daerah membentuk koordinator dengan memastikan jumlah massanya.

"Sebaiknya tiba di lokasi jauh-jauh jam sebelum acara dimulai," ujarnya.

Perwira tinggi TNI berdarah Madura tersebut menyampaikan permasalahan lain yang perlu diantisipasi adalah sampah.

"Karena sejuta orang yang datang nanti tersebar di banyak titik, kami harap panitia telah menyediakan banyak tempat sampah. Kalau tidak, orang akan membuang sampah sembarangan. Siapkan tempat sampah dalam bentuk kantong plastik maupun tong sampah. Jangan kalah dengan suporter sepak bola Jepang, setiap selesai pertandingan stadion bersih," ujarnya.

Danrem 132/Tadulako periode 2020-2022 tersebut meminta panitia tidak segan memberikan seruan atau imbauan berupa tulisan buang sampah pada tempatnya.

"Jangan sampai larut dengan situasi terus lupa pada tugasnya dan ikut menonton. Masalah sampah ini sangat serius lantaran dapat mengganggu lingkungan sekitar," ucapnya.

Pangdam Farid mengingatkan sirkulasi truk harus diatur jamnya saat keluar masuk mengangkut sampah di stadion.

"Oleh karena itu penting sekali mengatur lokasi dan rute parkirnya. Pastikan armada truk sampah di Sidoarjo ditambah dari daerah lain selama berlangsungnya acara," katanya.

Mantan Kepala Penerangan Komando Pasukan Khusus ini juga mengimbau agar massa berhemat air bersih ketika memanfaatkan rumah-rumah warga untuk mandi.

"Jangan lupa membawa perlengkapan sendiri. Mandi yang cepat dan efisien sehingga setiap orang bisa bersuci," katanya.

Di akhir acara, Pangdam Farid berharap sudah ditunjuk koordinator pengumpulan massa untuk setiap kelompok yang datang dari berbagai daerah.

"Kenakan tanda berbeda-beda, serta tentukan jam maupun titik kumpulnya. Kalau semua patuh maka tidak terjadi desak-desakan sampai berebut pintu keluar," jelas Farid.

 

3 dari 8 halaman

2. PP Muhammadiyah

Ketua Umum Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah Haedar Nasir menyampaikan selamat hari lahir (Harlah) satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Haedar berharap, pada Harlah ke-1 abad ini, NU semakin digdaya untuk peran kebangsaan dan kemanusiaan semesta yang berwawasan persaudaraan dan kerahmatan multiranah.

Haedar mengatakan, NU dengan semangat merawat tradisi, dan Muhammadiyah dengan orientasi reformasi budaya, bisa sinergi dan menjelma menjadi penjaga bangunan keindonesiaan yang mengintegrasikan agama, Pancasila dan kebudayaan luhur bangsa sebagai nilai utama dalam perikehidupan berbangsa dan bernegara.

"Selamat Satu Abad NU, semoga Allah melimpahkan rahmat, berkah, dan karunia-Nya," kata Haedar dikutip dari situs muhammadiyah.or.id, Senin (6/2/2023).

Haedar juga berharap, Muhammadiyah dan NU menjadi jalan tengah integrasi keumatan dan kebangsaan. Menurutnya, melalui kekhasan yang dimiliki masing-masing, Muhammadiyah dan NU merupakan pilar strategis Islam Indonesia.

Haedar berpandangan, NU dan Muhammadiyah telah memahat pandangan dan praktek keagamaan yang kokoh, moderat dan berorientasi Islam rahmatan Lil-‘alamin. Menjadikan Islam sebagai ajaran kebaikan serba utama bagi sesama kaum muslimin sekaligus bagi seluruh umat manusia dan semesta alam.

"Keduanya menjadi kekuatan penjaga bandul keseimbangan dan jalan tengah dalam proses integrasi keumatan dan kebangsaan secara harmoni, damai, dan konstruktif dalam kehidupan keindonesiaan yang Bhinneka Tunggal Ika," tutur Haedar Nasir.

Terkait dengan tema Harlah Satu Abad NU "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru", Haedar berharap, NU menjadi ormas Islam Indonesia yang bangkit dan digdaya.

"Ibarat kesaktian atau kedigdayaan para pendekar bukan hanya pada kekuatan ragawi tetapi juga ruhani dalam wujud keluhuran batin, welas asih, kebijaksanaan, membela yang terzalimi, serta tegak lurus di atas kebenaran dan kebaikan yang utama," ujar Haedar.

"Semoga NU semakin hadir memperbarui dan membangkitkan kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia menuju keunggulan berlevel Khaira Ummah sebagaimana pesan Al-Quran," jelas dia.

 

4 dari 8 halaman

3. Bupati Banyuwangi

Resepsi Puncak 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bakal digelar di Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023 juga bakal dibanjiri Nahdliyin dari Banyuwangi.

Rombongan nahdliyin tersebut dilepas langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dari dua tempat, yaitu kantor PCNU Banyuwangi dan kawasan Genteng.

Tidak kurang 1.734 orang Nahdliyin dilepas keberangkatannya oleh Bupati Ipuk bersama Rais Syuriah PCNU Banyuwangi KH Zainullah Marwan dan Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini.

"Besok di Sidoarjo, diperkirakan ada satu juta warga NU dari seluruh Indonesia yang hadir. Jaga diri. Ikuti apa yang diarahkan panitia atau petugas keamanan," pesan Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga mengimbau kepada para jamaah untuk turut mendoakan Banyuwangi.

"Nanti juga ada istighasah dan doa bersama yang dipimpin para kiai sepuh. Mohon doakan Banyuwangi agar diberikan keberkahan selalu," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ipuk juga memberikan bekal konsumsi kepada seluruh jamaah. “Buat camilan selama di jalan,” ungkapnya.

Jumlah warga Nahdliyin Banyuwangi yang berangkat tidak kurang dari 1.743 orang. Mereka mengendarai 18 bus, 13 elf dan 45 unit kendaraan pribadi.

Rombongan besar itu, terbagi dalam dua titik pemberangkatan. Selain dari Kantor PCNU Banyuwangi, juga dilepaskan dari Terminal Wiroguno Genteng bagi jamaah yang berasal dari Banyuwangi selatan.

"Jumlah ini yang terdata. Selain ini, masih banyak lagi yang berangkat secara mandiri. Seperti halnya rombongan dari Kemenag Banyuwangi yang hampir seribu orang," ungkap Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini.

Gus Makki sapaan akrab KH Ali Makki Zaini, juga berpesan kepada Banser dan Pagar Nusa memastikan keamanan dan keselamatan jamaah,

"Berangkat bersama, pulang juga harus bersama. Jangan sampai ada jamaah yang terpisah karena disana akan sangat ramai," pungkas Gus Makki.

 

5 dari 8 halaman

4. Wali Kota Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, pihaknya bersama kemenag muslimat, dan juga Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), akan menyiapkan kendaraan untuk warga yang ingin menghadiri perayaan 1 abad NU di Sidoarjo.

"Kita akan siapkan transportasinya, konsumsinya, dan akan kita kawal dengan mobil ambulans, serta kita juga akan siagakan toilet portable di sana. Bahkan, mereka nanti juga akan dikawal oleh Polrestabes Surabaya karena memang sekarang cari bus sulit. Biasanya ada di Malang, tapi ternyata dipakai oleh Malang sendiri, di tempat lain juga seperti itu," katanya, Senin (6/2/2023).

Eri Cahyadi bersyukur karena ternyata Kapolrestabes Surabaya sudah menyiapkan 25 bus, nantinya bus sekolah beserta angkutan pengumpan (feeder) yang baru milik Pemkot Surabaya juga akan dikeluarkan untuk kendaraan warga Surabaya yang akan menghadiri Harlah 1 abad NU itu. Bahkan, nanti mobil-mobil dinas pemkot juga akan dikeluarkan.

"Semoga yang berangkat ke sana nanti bisa lancar dan aman serta selamat mulai berangkat hingga pulang kembali," ucap Eri.

Sementara ini yang bisa difasilitasi sekitar 7 ribuan orang, sehingga nanti akan ada beberapa bus yang digunakan untuk membawa mereka ke Sidoarjo. Namun, untuk kepastian berapa orangnya yang akan difasilitasi dan berapa bus yang akan digunakan akan dirapatkan kembali.

Selain memastikan transportasinya, Eri juga memastikan akan berkoordinasi dengan jajaran di Sidoarjo terkait tempat parkir kendaraan, penempatan toilet portable, hingga penempatan mobil ambulans. Sebab, ia yakin nanti pada saat acara, arus lalu lintas di sana akan krodit dan banyak rombongan.

Eri juga menjelaskan alasannya memfasilitasi warga untuk hadir di acara tersebut. Sebenarnya, mereka itu sudah dikoordinir oleh Kemenag, muslimat, MWCNU dan lainnya. Namun, dalam hal ini Pemkot Surabaya ingin membantu mereka supaya warga Surabaya yang hadir ke acara itu selalu aman dan nyaman.

Selain itu, Surabaya ini tidak bisa dilepaskan dari NU dan Muhammadiyah. Apalagi kantor PBNU pertama ada di Surabaya yang sekarang menjadi kantor PCNU, bagaimana pun juga resolusi jihad diserukan pertama kali di Surabaya, bagaimana para santri ketika merebut kemerdekaan, khususnya pada saat 10 November yang ikut bertempur habis-habisan juga santri di Surabaya.

"Jadi, Surabaya ini tidak bisa dilepaskan dari NU, makanya ketika Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, kita akan support penuh untuk warga Surabaya yang berangkat ke sana. Yang ikut ini pasti banyak makanya kita siapkan untuk jalan daratnya," jelas Eri.

 

6 dari 8 halaman

5. Gubernur Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berharap pelaksanaan resepsi 1 abad NU berjalan dengan aman dan lancar. Dia menilai Sidoarjo siap menggelar resepsi puncak peringatan 100 tahun di GOR Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023.

Khofifah memastikan kesiapan dengan meninjau langsung venue resepsi 1 abad NU di GOR Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Peninjauan di lokasi GOR Gelora Delta Sidoarjo disambut oleh anggota Muslimat NU, Ansor dan Ishari yang sedang berlatih koreografi dengan kertas (Paper Mob) bertuliskan "1 Abad NU Digdaya" yang terbentang dari Tribun Sektor 1 hingga 10.

Ketua Pengurus Besar (PB) NU itu kemudian menyapa sekaligus berharap seluruh usaha dan kerja keras dalam latihan paper mob tersebut menjadi sajian menarik di resepsi puncak perhelatan 1 abad NU.

"Semangat semua yang sedang berlatih. Insyaallah ini akan menjadi berkah untuk kita semua," ujarnya, Minggu 5 Februari 2023, dikutip dari Antara.

Khofifah mengajak seluruh peserta latihan paper mob untuk melantunkan selawat Asyghil.

Menurut dia, dalam rangka resepsi puncak peringatan 1 abad NU telah dibuka audisi vokalis atau pelantun selawat Asyghil.

Vokalis yang terpilih akan membawakan selawat Asyghil bersama Presiden Joko Widodo diiringi Orkestra Adhie MS.

"Saya ingin pastikan semuanya sudah hafal. Jadi ketika berselawat bersama Pak Presiden, besok tidak ada yang tidak hafal," terang Khofifah.

Khofifah mengungkapkan selawat Asyghil cukup populer di kalangan warga NU. Selawat ini dinisbatkan kepada cucu Rasulullah SAW, yaitu Imam Ja'far Ash Shadiq.

"Sebagaimana disebutkan dalam kitab Al Kawakibul Mudhiah fi Ash Shalati Ala Khairil Bariyyah, selawat Asyghil bermakna untuk mengalihkan perhatian orang-orang zalim kepada orang zalim juga. Jangan sampai mereka menyakiti orang-orang yang baik," katanya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga turut mendoakan para peserta yang mengikuti latihan diberi kesehatan agar dapat memberikan penampilan terbaiknya pada resepsi puncak 1 abad NU.

"Karena ini adalah dedikasi kita untuk 1 abad NU. Sekali lagi, berilah penampilan terbaik. Mudah-mudahan semua menjadi manfaat dan barokah. NU Barokah. Indonesia Barokah. Warga NU barokah," tandas Ketua Umum Muslimat NU itu.

 

7 dari 8 halaman

6. PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bertekad ingin meningkatkan kesejahteraan Nahdliyin dan Nahdliyat (warga Nahdlatul Ulama) dalam menyambut satu abad NU.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Tasyakuran Satu Abad NU di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Jakarta, pada Minggu 6 Februari 2023.

"Kalau kita bicara kaum yang paling membutuhkan perhatian karena masih di wilayah pinggiran, di mana ada kekurangan di situlah warga Nahdliyin dan Nahdliyat masih belum beruntung, mereka masih hidup dalam kemiskinan dan kebodohan," kata Cak Imin.

Cak Imin menyatakan bahwa PKB sebagai partai yang dilahirkan dari Nahdlatul Ulama memiliki kewajiban untuk tidak hanya mengangkat harkat dan martabat Nahdliyin dan Nahdliyat, tetapi juga seluruh Bangsa Indonesia.

Dia menyebut PKB bisa meraih hasil yang luar biasa dalam Pemilu 2019 dan capaian tersebut adalah wujud kepercayaan yang diberikan Nahdliyin dan Nahdliyat.

"Wujud kepercayaan yang diberikan kepada PKB untuk mengemban amanah sebagai kekuatan politik untuk memperjuangkan aspirasi dan cita-cita politik warga Nahdlatul Ulama," ujar Cak Imin, dilansir dari Antara.

Dalam kesempatan itu Cak Imin turut memanjatkan doa agar PKB terus diberikan kekuatan demi menjadi kekuatan politik yang bermanfaat tidak hanya untuk warga NU tetapi juga seluruh Bangsa Indonesia.

"Ya Allah kuatkanlah PKB, jadikan PKB kekuatan politik yang bermanfaat bagi Nadhdiyin dan Nahdliyat dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Acara Tasyakuran Satu Abad Nahdlatul Ulama tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

 

8 dari 8 halaman

7. PT KAI

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengimbau penumpang kereta api di Sidoarjo untuk mengatur waktu keberangkatan pada saat puncak resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 abad NU.

Selain itu, lanjut Luqman, pada perayaan satu abad NU tersebut, Satlantas Polresta Sidoarjo menerapkan penutupan jalan di beberapa ruas jalan di kawasan GOR Sidoarjo pada hari itu.

"Penutupan jalan ini tentunya berdampak adanya pengalihan arus lalu lintas ke ruas jalan sekitarnya khususnya di area Stasiun Sidoarjo dan berpotensi pada kemacetan lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun," ujar Luqman, Senin (6/2/2023).

Untuk mengantisipasi risiko serta meminimalisir keterlambatan jika terjebak macet akibat penumpukan kendaraan dan kesulitan menuju Stasiun Sidoarjo, KAI Daop 8 Surabaya mengimbau para calon pelanggan untuk mengatur waktu keberangkatan.

Meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan menuju Stasiun Sidoarjo, namun operasional kereta api (KA) tetap berjalan normal sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka), termasuk keberangkatan KA dari Stasiun Sidoarjo.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh calon pelanggan KA agar mengatur waktu perjalanannya menuju Stasiun Sidoarjo. Hal ini guna menghindari calon pelanggan ketinggalan kereta api," imbuh Luqman.

Sebagai informasi, setiap harinya terdapat 14 perjalanan KA jarak jauh yang melayani pelanggan di Stasiun Sidoarjo, serta 42 KA lokal yang melayani pelanggan di Stasiun Sidoarjo. Untuk rata-rata pelanggan yang berangkat dari Stasiun Sidoarjo setiap harinya sekitar 450 pelanggan.

Selain memberi himbauan kepada calon pelanggan, KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan penambahan petugas keamanan di Stasiun Sidoarjo.

“Kami telah mengerahkan tambahan petugas pengamanan baik di perlintasan sebidang maupun stasiun Sidoarjo. Untuk keamanan sesuai SOP yang ada pemeriksaan barang bawaan juga menggunakan metal detector di area boarding gate,” ujar Luqman.

KAI Daop 8 Surabaya kembali mengingatkan kepada calon pelanggan agar menyiapkan kartu identitas yang asli saat melakukan pemeriksaan boarding pass, dan pastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.