Sukses

Amalkan Sikap Pancasila, Sekolah Penggerak di Jakarta Perkuat Gotong Royong dalam Semarak Imlek

Salah satu sekolah penggerak, SMP Tarakanita 2, menggelar kegiatan selebrasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Festival Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sekolah penggerak, SMP Tarakanita 2, menggelar kegiatan selebrasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Festival Imlek.

Kepala SMP Tarakanita 2, Yosef Todarung menjelaskan puncak kegiatan P5 dilakoni kelas VII dengan tema Kewirausahaan.

“Tujuannya dari kegiatan ini adalah memperkuat dimensi gotong-royong, kreativitas dan pendidikan karakter Tarakanita,” ujar Yosef dalam acara yang digelar di Old Sanghai, Kelapa Gading, Jakarta Utara, seperti dikutip Sabtu (4/3/2023).

Yosef melanjutkan, semua peserta didik, termasuk guru, dan orang tua SMP Tarakanita 2 juga melaksanakan perayaan Imlek sekolah secara bersama dalam puncak kegiatan P5 yang bekerjasama dengan Old Shanghai dan FKKSKM Sinar Kasih.

“Jadi ada berbagai acara yang dilaksanakan dalam kegiatan ini. Antara lain, bazaar makanan khas Imlek dan penampilan-penampilan bakat dari peserta didik SMP Tarakanita 2 yang bertemakan Imlek di tahun Kelinci (2023), seperti penampilan wushu, dance K-POP, story telling, puisi, menyanyi, permainan musik guzheng, dan penampilan lainnya,” urai dia.

Yosef meyakini, kegiatan tersebut menjadi bentuk kontekstualisasi penerapan kurikulum merdeka oleh SMP Tarakanita 2 dan sebagai contoh penyelenggaraan kegiatan P5 dari Sekolah Penggerak. 

“Utamanya dari kegiatan ini adalah guna menciptakan suasana belajar yang otentik dan menarik bagi peserta didik, sehingga mereka tidak merasa asing dari dunianya. Serta agar tumbuh rasa ingin tahu untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap mereka,” jelas Yosef.

Yosef berharap, kegiatan serupa terus mendapat dukungan dari segala pihak, agar pelajar dapat terus belajar tentang kehidupan dan tidak sebatas mendapat predikat. 

"Ucapan terima kasih tak terhingga dari Ketua Panitia Ibu Erna Wijayanti, kepada segenap pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kolaborasi yang solid mewujudkan Selebrasi P5 dan Festival Imlek 2023 menjadi luar biasa berkesan," imbuh Yosef. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Senada, Ketua Forum Komunitas Komite Sekolah Keluarga dan Masyarakat Sinar Kasih Tarakan 2, Vita mengapresiasi Kegiatan Selebrasi P5 dan Festival Imlek yang sudah dikemas sedemikian rupa. 

"Sehingga bisa terlaksana di tempat yang megah ini. Mengingat sekolah lain pelaksanaannya masih sekitar sekolah yang mungkin nggak jauh dari lingkungan sekolah. Tapi SMP Tarakanita sudah berani melakukan terobosan pelaksanaan P5 bisa dilaksanakan di tempat ini," tandas Vita. 

Sebagai informasi, hadir dalam kegiatan ini antara lain fasilitator Sekolah Penggerak Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan Jakarta Utara 1, Yayasan Tarakanita, serta GM Operational Commercial Retail Sedayu City Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jarenta Sinaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.