Sukses

Ini 3 Nama Calon Sekda DKI yang Akan Diserahkan ke Jokowi, Siapa Saja?

Adapun ketiga nama ini menjadi hasil akhir seleksi terbuka untuk jabatan Sekda DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta telah mengumumkan hasil wawancara dengan panitia seleksi (pansel) untuk seleksi terbuka posisi Sekretaris Daerah (Sekda) pada Jumat (27/1). Berdasarkan hasil tes tersebut, sebanyak tiga orang dinyatakan lulus. 

“Berdasarkan hasil seluruh tahapan pada pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan ini diumumkan Penetapan Hasil Akhir Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta,” tulis laman web BKD, dikutip Minggu (29/1/2023).

Adapun ketiga nama ini menjadi hasil akhir seleksi terbuka untuk jabatan Sekda DKI. Berikut tiga nama calon Sekda DKI yang lolos wawancara pansel.

1. Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

2. Badan Pemeriksa Keuangan RI, Joko Agus Setyono.

3. Kepala BPAD DKI Jakarta, Michael Rolandi Cesnanta Brata.

Nantinya, ketiga nama tersebut akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas sepengetahuan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Namun, hasil final sosok sekda terpilih akan sepenuhnya ditentukan oleh Jokowi.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, ia menyerahkan seluruh proses pemilihan sekda kepada panitia seleksi (pansel). Meskipun demikian, ia mengungkapkan bahwa sekda yang terpilih harus paham proses penganggaran APBD.

“Yang penting tahu anggaran, yang penting paham terkait dengan proses APBD DKI, gitu saja,” kata Heru kepada wartawan, dikutip Minggu (29/1).

Lebih lanjut, Heru mengklaim tidak akan ikut campur terhadap pemilihan posisi yang kini dijabat oleh Pj Sekda Uus Kuswanto.

“Saya serahkan ke pansel siapa (sosoknya). Seleksinya saya enggak ikut-ikut. Cuman yang terbaik saja,” tambah Heru.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Orang Daftar Sekda DKI Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut sudah ada tujuh orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah mendaftar jabatan lelang Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta pengganti Marullah Matali. Pendaftaran telah ditutup sejak Selasa, 27 Desember 2022.

"Tujuh orang sudah mendaftar," kata Heru Budi di Gedung DPRD DKI Jakarta Rabu (28/12/2022).

Namun dia tidak merinci siapa dan dari mana saja ASN yang mengikuti pendaftaran lelang jabatan Sekda DKI Jakarta itu. Kendati demikian, secara singkat, Heru mengatakan ada yang berasal dari luar ASN Pemprov DKI Jakarta.

"Ada satu-dua dari luar (Pemprov DKI Jakarta)," kata dia.

Nantinya, satu dari tujuh kandidat terpilih ini bakal mengisi jabatan yang ditinggalkan Marullah Matali yang telah dilantik Heru Budi jadi Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Budaya.

Pemprov DKI Jakarta resmi membuka seleksi untuk jabatan Sekda DKI Jakarta pengganti Marullah Matali yang kini menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.

Hal ini diungkapkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta melalui laman resmi https://bkddki.jakarta.go.id/ dan tertuang dalam Pengumuman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2022 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam lampiran pengumuman, seleksi terbuka jabatan Sekda DKI Jakarta juga mengacu pada amanat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dimana, seleksi Sekda DKI dapat diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia.

"Bersama ini diberikan kesempatan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi terbuka," bunyi surat pengumuman, dikutip Jumat 23 Desember 2022.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini