Sukses

Perayaan Imlek KIKT Berlangsung Meriah di Langham Jakarta

Dia mengungkapkan, KIKT bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan New Year Gathering  KADIN Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di Langham,  SCBD, Jakarta berlangsung meriah, Rabu (25/1/2023). Ketua KIKT Boy Thohir mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023.  Tahun ini adalah Tahun Kelinci Air  yang diprediksi akan banyak  kesuksesan yang dirasih, kendati tetap dengan tantangan bersama untuk  terus tumbuh meraih sukses. 

Dia mengungkapkan, KIKT bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Tiongkok.

“Melalui acara ini,  KIKT berharap hubungan erat terjalin antara KIKT dengan  pemerintah Tiongkok. Juga  bisa bekerja sama dan bahu membahu dengan investor Tiongkok untuk mendapat mitra yang baik di Indonesia. Kemudian juga meningkatkan ekspor untuk  kemakmuran bersama,” ujar Boy dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023). 

Acara tersebut dihadiri  Menteri BUMN Eric Tohir, Dubes China Indonesia  Lu Kang, Ketua KIKT Boy Tohir, Wakil Ketua KADIN Shinta Kamdani,  mantan Panglima TNI Djoko Suyanto , Edwin Soeryadijaya, Le Kun, Maruarar Sirait dan para anggota lainnya.  

Boy menegaskan, KIKT sangat bangga dengan kerja sama Indonesia Tiongkok di bidang perdagangan terus meningkat. Selain itu, karena kekayaan seni budaya kedua negara tinggi dari generasi ke generasi, perlu adanya peningkatan kerja sama budaya untuk menguatkan kemajuan kedua negara.

Pada kesempatan yang sama,  Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang mengatakan Tiongkok mengapresiasi bahwa  saat ini Indonesia, khususnya kalangan keturunan Tionghoa sangat antusias merayakan  imlek. Imlek merupakan perayaan penting di China. Satu tahun ini, sangat pesat perkembangan hubungan Indonesia Tiongkok. Bahkan, bisa dikatakan puncak tertinggi hubungan baik Indonesia Tiongkok. 

“Saya memperkirakan investasi Tiongkok di Indonesia bisa tembus 150 miliar US Dollar, kalau digabung dengan Hongkong akan bisa mengalahkan Singapura sebagai  Investor terbesar di Indonesia. Terimakasih  kepada KIKT yang berperan meningkatkan kerja sama Indonesia-Tiongkok bidang perdagangan,” ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Terimakasih

Lu Kang juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus  mendukung kerja sama ekonomi Indonesia-Tiongkok. Juga kepada  Eric Tohir mendukung  kerja sama pebisnis Indonesia  dengan Tiongkok.

“Tahun  2023 harus merealisasikan apa yang  pimpinan sudah tetapkan dalam pertemuan 26 Juli 2026, Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi di Beijing. Selama 10 tahun investasi Tiongkok di Indonesia bisa dikatakan tahun ini puncaknya. Salah satu, kereta cepat Bandung akan segera di-launching. Saya imbau yang hadir di sini  terus meningkatkan kerja sama Indonesia-Tiongkok,” ujarnya.

Sementara Menteri BUMN Eric Tohir  mengungkapkan pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping saat di G20 Bali  menunjukkan bagaimana hubungan erat  kedua negara. 

“Salah satu bentuk hubungan Indonesia dan  China  yang baik dan erat, terselenggara saat  penyedian vaksin Covid,” paparnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara dinner dan ramah tamah bersama diiringi dengan lantunan lagu Mandarin dan lagu Indonesia yang dibawakan dengan apik oleh Putri Ayu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.