Sukses

Didampingi Gibran, Prabowo Nostalgia Almarhum Kakek di Pura Mangkunegaran

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Kompleks Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada Selasa, 24 Januari 2023 kemarin.

Kunjungan ini bertepatan dengan penyerahan motor dan alat komunikasi (alkom) kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo.

Prabowo datang dan langsung diterima Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Prabowo mengungkap bahwa dahulu almarhum kakeknya pernah bekerja di Pura Mangkunegaran.

"Saya ada sedikit nostalgia karena almarhum kakek saya pernah kerja di sini, di bagian ekonomi," kata Prabowo saat berkunjung.

Setelah menyempatkan makan siang di Pracima Tuin yang baru saja diresmikan pada Sabtu, 21 Januari 2023, Prabowo meninjau Gedung Kavallerie Artillerie yang dulunya merupakan markas Legiun Mangkunegaran. Prabowo masuk mengecek gedung dan melihat-lihat kondisi gedung tersebut.

Ia pun menyampaikan keinginan untuk berkontribusi melestarikan Pura Mangkunegaran terutama Gedung Kavallerie Artillerie yang rencananya akan direvitalisasi tahun ini.

"Bagaimanapun ini bagian dari sejarah kita, warisan budaya kita. Ini juga bisa membangkitkan kesadaran sejarah kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya sendiri. Ini juga dapat meningkatkan daya tarik untuk pariwisata. Surakarta bisa menjadi destinasi pariwisata yang lebih hebat lagi," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Punya Ketertarikan Sejarah Militer dan Kebudayaan

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X mengatakan bahwa kunjungan Prabowo kali ini lantaran memiliki ketertarikan dengan sejarah kemiliteran dan kebudayaan.

"Bagaimana kebudayaan sebagai identitas bangsa. Tentu sesuatu yang penting untuk selalu dijaga, dilestarikan, dan diperkenalkan. Kavallerie ini merupakan bangunan yang sangat ikonik di sejarah keprajuritan di Mangkunegaran. Jadi beliau tentu sangat tertarik untuk melihatnya," terang Gusti Bhre.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS