Sukses

Porseni NU 2023 Sukses Digelar, Rais Aam PBNU Berpesan Terus Perkuat Ukhuwah

Liputan6.com, Jakarta - Momen kebersamaan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang dibalut dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni NU) berakhir di Gedung Olahraga (GOR) Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 21 Januari 2023 lalu. Ajang yang melombakan empat cabang olahraga dan tiga pentas seni Islam yang dimulai 15 Februari itu dimenangkan kontingen Jawa Timur sebagai juara umum.

Dengan mengumpulkan 22 medali emas, kontingen Jatim mengungguli DKI Jakarta yang menempati peringkat kedua dengan 11 medali emas dan Jawa Tengah di posisi ketiga dengan delapan emas. Menurut Rais Aam Pengurus Besar NU KH Miftachul Akhyar, Porseni NU ini enjadi pagelaran terbesar karena dihadiri 60 ribu anggota kontingen dari seluruh Indonesia. Acara ini berjalan lancar dan sukses serta persaudaraan terus terjaga kendati ada kompetisi ketat untuk mencari yang terbaik.

"Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Porseni NU 2023. Mulai dari pemerintah pusat, pemda, kementerian, hingga panitia pelaksana sehingga momen yang berkaitan Harlah 1 Abad NU ini mampu menjadi pemersatu umat. Saya berpesan kepada seluruh santri dan santriwati, serta seluruh warga NU untuk tetap jaga dan perkuat terus ukhuwah sesama warga NU demi menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia," ujar KH Miftachul Akhyar yang dikutip, Selasa (24/1/2023).

Pada Porseni NU 2023 ini, hanya peringkat tiga besar yang mendapatkan trofi dan uang pembinaan. Jatim mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 100 juta yang diberikan Ketua Panitia Porseni NU, H Nusron Wahid. DKI Jakarta mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 50 juta yang diserahkan Sekretaris Jenderal PBNU, H Saifullah Yusuf, sedangkan Jawa Tengah mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 25 juta diberikan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Puncak Porseni NU 2023 diwarnai kegiatan jalan sehat yang diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga di lingkungan Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu 22 Januari. Tak hanya Jokowi dan Ibu Negara yang membawa cucu pertamanya, Jan Ethes, dalam kegiatan yang dimulai memutari Pura Mangkunegaran via Jalan Slamet Riyadi Solo juga diikuti sejumlah pejabat pemerintah dan tokoh publik.

Pejabat pemerintah yang ikut jalan sehat antara lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Selanjutnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, anggota DPR Aria Bima, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Mangkunagoro X.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Arahan Erick Thohir

Menurut Panitia Porseni NU 2023, Tommy Darmadi, atas arahan Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pengarah Harlah 1 Abad NU dan Ketua Panitia Pelaksana Porseni NU 2023, Nusron Wahid, pihaknya menjadikan Porseni yang bertepatan dengan Harlah Satu Abad NU sebagai tolak ukur untuk penyelenggaraan pekan olahraga dan seni selanjutnya.

"Kami berterima kasih atas kerja keras seluruh panitia, serta arahan dari Pak Erick dan Pak Nusron Wahid sehingga ajang olahraga dan seni yang diikuti 3.500 peserta berjalan lancar. Semua arena pertandingan dipenuhi suporter, kompetisi juga berjalan dengan fair, dan tidak ada masalah berarti. Kami mengucapkan selamat jalan kepada seluruh kontingen, semoga perjalanan kembali dan tiba di daerahnya masing-masing dengan selamat," pungkas Tommy.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS