Sukses

Jokowi Bangga Punya IMS GBK, Bisa Dipakai Konser Musik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indonesia harus berbangga sebab saat ini memiliki Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang merupakan arena tertutup dengan kapasitas 16.250 penonton.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indonesia harus berbangga sebab saat ini memiliki Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang merupakan arena tertutup dengan kapasitas 16.250 penonton.

Tak hanya untuk event olahraga, Jokowi menyampaikan stadion yang berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta ini juga bisa digunakan untuk konser-konser musik.

"Kita patut berbangga bahwa di negara kita sekarang ini ada arena tertutup dengan kapasitas 16.250. Selain bisa dipakai basket juga dipakai untuk futsal, badminton, untuk volley, pertunjukan musik, konser, dan seni pertunjukan lainnya," jelas Jokowi kepada wartawan usai Topping Off IMS GBK Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Menurut dia, hal ini merupakan capaian yang akan sangat memberikan dukungan baik olahraga maupun seni pertunjukan. Untuk itu, Jokowi pun meminta agar pembangunan Indoor Multifunction Stadium ini dipercepat.

"Yang Indoor Multifunction Stadium saya udah sampaikan untuk dipercepat penyelesaiannya karena akan kita pakai untuk nanti juga," ujarnya.

Adapun Indoor Multifunction Stadium ini memiliki luas bangunan 50.300 meter persegi. Pembangunan stadium ini menghabiskan anggaran sebesar Rp639 miliar.

"Bangunan ini dibangun sejak 2021 dengan luas bangunan 50.300 meter persegi menghabiskan anggaran Rp 639 miliar," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

FIBA World Cup

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Indoor Multifunction Stadium GBK akan langsung digunakan untuk FIBA World Cup yang rencananya akan digelar Agustus 2023.

Pembangunan infrastruktur olahraga bola basket ini merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.

"Pada SEA Games lalu, basket sudah juara, setelah memiliki stadion ini, prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2023).

Menteri Basuki juga berpesan agar stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN tersebut dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Nasional.

"Kenapa konsepnya multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga. Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas. Sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya," pesan Menteri Basuki.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menambahkan, secara konstruksi pembangunan infrastruktur olahraga ini dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan struktur terakhir pada atap tertinggi pada bangunan Indoor Multifunction Stadium di lantai 5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.