Sukses

LRT Bakal Tambah Jam Operasional Perjalanan pada Malam Tahun Baru 2023

Penambahan jam operasional ini berlaku pada seluruh rute yang dilalui LRT Jakarta mulai Stasiun Pegangsaan Dua - Kelapa Gading hingga Stasiun Velodrome - Rawamangun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Light Rail Transit (LRT) atau Lintas Rel Terpadu bakal menambah jam operasional moda transportasi LRT Jakarta (LRTJ) pada perayaan malam Tahun Baru 2023. Pada, Sabtu 31 Desember 2022, LRTJ akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB 1 Januari 2023.

Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengatakan, penambahan jam operasional ini berlaku pada seluruh rute yang dilalui LRT Jakarta mulai Stasiun Pegangsaan Dua - Kelapa Gading hingga Stasiun Velodrome - Rawamangun.

"Dengan total 42 perencanaan perjalanan," kata Sheila dalam keterangan resminya, Kamis (29/12/2022).

Selain itu, Sheila menjelaskan penambahan jam pelayanan ini juga berdasarkan pada Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-2229/PH.10.00 tentang Penugasan kepada Perseroan Terbatas Moda Raya Terpadu Jakarta dan Perseroan Terbatas Lintas Raya Terpadu Jakarta.

"Untuk penyediaan layanan perkeretaapian pendukung festival malam Tahun Baru 2023 semarak Jakarta, gelorakan kekuatan ASEAN Tahun 2023," jelas dia.

Hal itu, kata Sheila juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan LRTJ dan sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) DKI Jakarta dalam rangka pelaksanaan kegiatan Festival Malam Tahun Baru 2023.

Adapun jam operasional LRTJ pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 dimulai pukul 05.30 WIB hingga Minggu 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB. Kereta akan kembali mulai beroperasi sesuai jadwal reguler pada pukul 05.30 WIB 1 Januari 2023.

Selang waktu antar kereta (headway) nantinya terjadi tiap 10 menit dengan kapasitas daya angkut penumpang mencapai 270 penumpang satu rangkaian kereta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Juni-Juli 2023, LRT Sudah Bisa Beroperasi Bareng dengan Kereta Cepat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjajal langsung kereta Lintas Rel Terpadu atau LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini. Menurut dia, LRT Jakarta akan sanggup mengangkut 420 penumpang dengan kemampuan stasiun berkapasitas 520 orang. 

"Ini kan baru selesai 87 persen, memang baru 87 persen masih deponya yang harus diselesaikan dan hal kecil-kecil yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem yang tadi saya lihat juga masih, masih dikit-dikit," kata Jokowi usai mencoba kehebatan LRT di Stasiun Taman Mini Jakarta, Senin (26/12/2022). 

Kepala negara berharap, pada Juni 2023 LRT sudah bisa beroperasi berbarengan dengan kereta cepat. Dia memastikan hanya tinggal sedikit lagi semua dapat berjalan sempurna.

"Juni-Juli 2023 sudah bisa (beroperasi) bareng dengan kereta cepat," kata Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi menjajal trek LRT sepanjang 9 kilometer, waktu tempu dalam waktu 12 menit dengan kecepatan kereta 80km/jam. Kepala negara mengaku transportasi LRT Jakarta sangat nyaman dan tidak berisik.

“Ya saya tadi nyaman, cepat, dan tidak berisik. Saya kira pas belokan aja tadi ada bunyi kecil sekali,” Jokowi menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.
    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru 2023

  • LRT Jakarta adalah Lintas Raya Terpadu Jakarta.

    LRT Jakarta