Sukses

Potret Kereta Kencana untuk Kirab Kaesang-Erina di Solo Besok

potret kereta kencana yang akan dinaiki Kaesang dan Erina terlihat di Loji Gandrung, saat para panitia melakukan galdi resik, Sabtu sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu 11 Desember 2022. Keduanya akan melakukan kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan, dengan menggunakan kereta kencana

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, potret kereta kencana yang akan dinaiki Kaesang dan Erina terlihat di Loji Gandrung, saat para panitia melakukan galdi resik, Sabtu sore ini. Kereta berwarna hijau itu nantinya akan ditarik oleh enam ekor kuda.

Panitia sendiri menyiapkan 12 kereta kencana beserta penatiknya untuk kirab tasyakuran Kaesang dan Erina. Nantinya, kereta Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berada di barisan paling depan memimpin rombongan.

Di belakangnya, diikuti kereta kencana lain yang dinaiki oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, dan anggota keluarga lainnya.

"Rencana awal untuk kereta mas Kaesang dan mbak Erina di depan sendiri. Nanti akan ditarik 6 kuda," ujar kusir kereta kencana Kaesang-Erina, Aiptu Warsito, saat ditemui wartawan, Sabtu (10/11/2022).

Sementara untuk kereta kencana lain, termasuk yang ditumpangi Presiden Jokowi hanya ditarik dengan 2 ekor kuda. Warsito menyampaikan seluruh kuda yang menarik kereta kencana Kaesang-Erina berkelamin betina dan berjenis KPI atau blasteran lokal dan Australia.

"Ini kuda hasil persilangan lokal dan Australia. Lokalnya betina, tapi untuk mendapatkan ukuran badan yang tinggi, kekar dan tebal pakai pejantan import," jelas dia.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau mas kawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000

Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa logam mulia sebanyak empat buah. Masing- masing emas memiliki berat yang berbeda yakni, 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram.

Hal ini sesuai dengan tanggal akad nikah keduanya yang digelar pada Sabtu, (10/12/2022). Adapun mahar tersebut dihias dan ditata dalam sebuah bingkai bewarna emas dengan ukuran besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akad Nikah Lancar

Sebelumnya, prosesi akad nikah Kaesang dan Erina berjalan dengan lancar. Kaesang mengucapkan ijab kabul dengan lancar dan satu tarikan napas, tanpa ada pengulangan.

"Saya terima nikahnya Erina Gudono binti Muhammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayat tunai," jelas Kaesang.

Kaesang dan Erina pun menandatangani buku nikah. Kaesang diberi buku nikah bewarna merah, dan Erina mendapat warna hijau.

Adapun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarga Kaesang. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina Gudono

Usai prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih". Setelah itu, dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan. Acara itu akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan, dimana sebagian besar adalah pihak keluarga.

Setelah akad, Kaesang dan Erina akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah pada, Minggu 11 Desember 2022. Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina.

Sejumlah menteri dan pejabat negara yang hadir dalam akad ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.