Sukses

HUT ke-73, Polda Metro Jaya Gelar Aksi Sosial Kesehatan di Pondok Labu Jakarta Selatan

Polda Metro Jaya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 dengan menyelenggarakan aksi sosial bersama masyarakat lewat program pengobatan umum, pengobatan gigi, vaksinasi, akupunktur, hingga sunatan massal.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 dengan menyelenggarakan aksi sosial bersama masyarakat lewat program pengobatan umum, pengobatan gigi, vaksinasi, akupunktur, hingga sunatan massal. Kegiatan itu bertempat di lokasi Lapak Pemulung Pinang Kalijati RT 11 RW 09, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran hadir langsung bersama dengan Kabidokkes Polda Metro Jaya Hery Wijatmoko, KorSpripim Polda Metro Jaya Iver Mannosoh, juga Zaky Ramadhan dan Devie Rahmawati dari SiapBergerak.

"Kami juga melakukan perbaikan Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK) dengan memperbaiki genteng yang bocor, mengganti toren air, membantu memberikan alat-alat tulis, papan ajar hingga televisi, yang dapat digunakan untuk pelatihan, pengajaran hingga permainan edukatif bagi anak-anak," tutur Kabidokkes Polda Metro Jaya Hery Wijatmoko kepada wartawan, Sabtu (10/12/2022).

Menurut Hery, tim relawan SiapBergerak menjadi fasilitator pengajaran dan pendidikan bagi 75 anak-anak dari 110 KK di wilayah tersebut. Tidak ketinggalan Polda Metro Jaya memberikan 300 sembako, yang menjadi bagian bentuk nyata aksi pengabdian dan melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat.

"Sepanjang 2022 ini, Polda Metro Jaya terus berkomitmen nyata melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat melalui berbagai program seperti Vaksinasi Merdeka, Street Race, Patroli Perintis Presisi, hingga ADA Polisi," jelas dia.

KorSpripim Polda Metro Jaya Iver Mannosoh menambahkan, dalam rangkaian perayaan HUT kali ini juga dilaksanakan malam pelayanan, di mana Kapolda bersama para Pejabat Utama, Kapolres, hingga Kapolsek turun langsung menyambangi 908 Pos RW yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Mereka pun saling berdialog menggunakan zoom secara serentak.

"Kegiatan sambang RW malam merupakan bagian dari Program Ada Polisi yang sudah berlangsung selama 9 bulan, dengan metode berdialog atau diskusi, mendengar keluhan, mencatat dan mencari solusi tantangan kamtibmas," ujar Iver.

"Bhabinkamtibmas, Sabhara dan Reserse menjadi garda terdepan dalam mencatat dan menjadikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) aksi nyata di level RW yang berkesinambungan. Kegiatan ADA Polisi, telah terbukti mampu menurunkan salah satu gangguan kantibmas yaitu tawuran sebesar 49 persen," sambung Ketua Pokja ADA Polisi itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diapresiasi Kapolda Metro

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis selaku Ketua Panitia HUT ke-73 Polda Metro Jaya mengatakan, tahun ini pihaknya merasakan betul kerja keras, cerdas, dan tuntas dari para anggota di lapangan. Untuk itu, Kapolda Metro Jaya memberikan apresiasi kepada jajaran terinspiratif yang terdiri atas Brimob, Humas, SPKT, Penjagaan MAKO, K9, Patroli Presisi, Polantas, Bhabinkamtibmas, Polsek, Personel Polri Bersinergi, dan Gakkum.

Seperti Kapolsek Pondok Aren Endy Mahandika yang menginspirasi lewat program menjadikan tempat tinggalnya sebagai rumah belajar bagi anak-anak kurang mampu, Aipda Masito dari Polres Kepulauan Seribu menjadi Personel Polri Bersinergi lantaran mendorong tumbuh kembang lebih dari 500 UMKM.

Kemudian Bripka Andi Cristianto yang menjadi Bhabinkamtibmas inspiratif karena selalu menyumbangkan gajinya untuk membuat rumah belajar untuk anak-anak Bulak Berprestasi di Muara Gembong.

"Tidak hanya itu, Andi selama 6 tahun, tiap harus harus menempuh jarak 100 KM dari rumah ke polsek untuk mengabdikan dirinya," kata Auliansyah.

Selanjutnya, AKBP Khairudin selaku anggota Polres Jaktim sebagai Patroli Presisi Insipiratif lantaran mampu menggagalkan aksi tawuran dan balap liar melalui patroli malam hari. Dia tercatat memetakan titik kriminalitas lebih dari 100 kali.

"Kompol Erizal dari Polsek Tangerang Kota, menjadi penjaga Mako Inspiratif melalui pengamanan dan perawatan tahanan terbaik dengan inovasi penerimaan besukan tahanan berbasis IT serta menyediakan ruang tahanan khusus menyusui," Auliansyah menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.