Sukses

Ma'ruf Amin Akan Beri Nasihat Pernikahan di Akad Nikah Kaesang-Erina

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak ke Yogyakarta, Jumat sore ini (9/12/2022). Ma'ruf beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin akan menghadiri prosesi pernikahan Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, dengan Erina Sofia Gudono.

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Ma'ruf lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pukul 15.30 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama 65 menit, Ma’ruf tiba di Yogyakarta dan rencananya akan disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pangdam IV/Diponegoro Widi Prasetijono, Kapolda DIY Suwondo Nainggolan, dan Komandan Lanud Adisutjipto Azhar Aditama beserta pendamping masing-masing.

Selanjutnya, Ma'ruf didampingi oleh Gubernur DIY beserta Ibu Gusti Kanjeng Ratu Hemas menuju Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto, KM 8, Sleman, Yogyakarta dengan berkendara mobil.

Keesokan harinya, Sabtu 10 Desember 2022, Ma'ruf diagendakan hadir pada Akad Nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Ma’ruf juga akan memberikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai.

Kemudian pada Minggu 11 Desember 2022, Ma’ruf juga akan menghadiri acara resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Jalan Ronggowarsito Nomor 83, Banjarsari, Kota Surakarta.

Turut mendampingi Ma’ruf dalam rombongan pesawat antara lain Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Farhat Brachma serta Ketua Baznas Noor Achmad.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jokowi Tetap Jalankan Tugas Presiden di Sela Rangkaian Pernikahan Kaesang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap menjalankan pekerjaan dan tugas kenegaraan di sela-sela rangkaian pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Jokowi mengatakan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda.

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Jumat (9/12/2022). 

Dalam foto yang diunggah, Jokowi tampak sedang memakai baju adat Jawa bewarna magenta yang dipakainya saat mengikuti prosesi siraman dan sungkeman Kaesang, Jumat hari ini. Jokowi tampak sedang menandatangani sebuah dokumen.

"Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," ucap Jokowi.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, telah menjalani salah satu proses rangkaian pernikahannya dengan Erina Gudono yakni sungkeman dan siraman yang digelar di kediaman Sumber, Kota Surakarta, pada Jumat (9/12/2022).

Saat prosesi sungkeman, Jokowi menitipkan pesan kepada anak bungsunya tersebut. Dia berharap Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bisa menjadi keluarga yang bahagia.

"Kita sebagai orang tua mengharapkan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," ungkap Jokowi kepada awak media di depan kediaman, Jumat (9/12/2022).

3 dari 4 halaman

Jadi Saksi Pernikahan Kaesang dan Erina, Menteri Basuki Berangkat ke Yogyakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Sabtu 10 Desember 2022. Oleh karena itu, siang ini, dia akan berangkat ke Yogyakarta.

"Saya hari ini berangkat, nanti jam 14.00 WIB siang karena kan besok saya jadi saksi (dipernikahan Kaesang)," ujar Menteri Basuki di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Dia berangkat ke Yogyakarta bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain itu, dia mengungkapkan, akad nikah Kaesang dan Erina digelar pukul 13.00 WIB besok. Setelah itu, resepsi digelar pada sore harinya.

"Besok akad nikah itu jam 1 siang, dan Minggu malam kami among tamu. Saya berangkat bareng rombongan menteri. Nanti jam 14.00 WIB sama Pak Menko PMK," ucap Basuki.

Ketika ditanya apakah bakal menyumbangkan lagu dan main musik di pesta pernikahan nanti, dia menjawab, akan melihat kondisi acara.

"Lihat nanti saja di sana itu kan acara sakral. Saya belum tahu ya," kata Basuki.

Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta pada 10 Desember 2022, pukul 13.00 WIB. Kemudian, acara Ngunduh Mantu akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo, pada Minggu, 11 Desember 2022.

4 dari 4 halaman

Pesan Jokowi ke Kaesang Pangarep saat Prosesi Sungkeman

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, telah menjalani salah satu proses rangkaian pernikahannya dengan Erina Gudono yakni sungkeman dan siraman yang digelar di kediaman Sumber, Kota Surakarta, pada Jumat (9/12/2022).

Saat prosesi sungkeman, Jokowi menitipkan pesan kepada anak bungsunya tersebut. Dia berharap Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bisa menjadi keluarga yang bahagia.

"Kita sebagai orang tua mengharapkan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," ungkap Jokowi kepada awak media di depan kediaman, Jumat (9/12/2022).

Dia bersyukur prosesi tersebut berjalan dengan lancar. Jokowi berharap agar prosesi berikutnya bisa berjalan baik.

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar, dan kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni kemudian besok ijab kabul, kemudian dilanjutkan dengan nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran semuanya bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Jokowi juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan putranya mengganggu kenyamanan masyarakat. Khususnya, masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta.

"Apabila ada yang terganggu, kenyamanannya terganggu, kami sekeluarga memohon maaf sebesar-besarnya utamanya kepada masyarakat Yogyakarta dan masyarakat Kota Solo," tutur Jokowi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS