Sukses

Menteri PUPR: Ciliwung Harus Jadi Barometer Pengelolaan Sungai di Perkotaan yang Baik

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, menggelar aksi susur sungai kali Ciliwung. Dalam kesempatan itu Basuki mengungkapkan bahwa kali Ciliwung memiliki potensi untuk menjadi sungai percontohan.

"Ciliwung ini harus jadi barometer cara mengelola sungai di perkotaan yang baik," ungkap Basuki dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, di kawasan Sungai Ciliwung, Minggu (4/12/2022).

Selain Ciliwung, kata Basuki, Sungai seperti; Citarum, Kaligarang hingga Kalimas juga diharapkannya dapat menjadi sungai percontohan di Indonesia.

"Ciliwung akan jadi barometer untuk seluruh Indonesia bisa dicontoh oleh masyarakat luas yang punya sungai-sungai seperti Citarum, Kaligarang, Kalibrantas, Kalimas," paparnya.

Tidak hanya itu, dirinya bahkan berencana akan membangun sejumlah kegiatan di sekitaran sungai Ciliwung. Salah satunya yang diungkapkan yakni mengadakan perlombaan hias perahu kecil.

"Nanti kita adakan kegiatan empat bulan sekali," ucap Menteri PUPR.

"Tahun depan kita akan adakan lomba hias getek, yang tujuan sekaligus memelihara dinagi Ciliwung," tambah dia.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Susur Sungai di Kali Ciliwung

Sebelumnya, Kementrian PUPR dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono turut menghadir acara susur sungai di sungai kali Ciliwung. Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa atlet dayung dalam rangka jelang olahraga kejuaraan Nasional 2022.

Dalam kesempatan itu juga kedua pihak menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai salah satunya sungai Ciliwung yang membentang di Ibu Kota. Sekaligus mendorong upaya pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS