Sukses

Mensesneg Pratikno: Belum Ada Keputusan Angkat Wakil Panglima TNI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno menjelaskan, tidak ada wacana pengangkatan wakil Panglima TNI setelah KSAL Laksamana Yudo Margono ditunjuk sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Ia menyebut Istana tidak punya rencana menunjuk wakil Panglima TNI dari kepala staf yang tidak dipilih.

"Belum, belum ada keputusan mengenai itu, sama sekali," kata Pratikno di DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Jokowi sebelumnya menghidupkan kembali jabatan wakil panglima. Ia mengeluarkan Perpres Nomor 66 tahun 2019.

Sementara itu, pengangkatan Yudo sebagai calon Panglima TNI merupakan rotasi matra. Setelah sebelumnya Jokowi mengangkat panglima dari Angkatan Udara dan Angkatan Darat.

Pratikno menyebut, semua kepala staf memenuhi syarat dan pantas menjadi Panglima TNI. Hanya saja Jokowi menjatuhkan pilihan kepada Yudo.

"Ya bisa jadi salah satu pertimbangannya (rotasi matra). Saya kira itu salah satu lah pertimbangannya," ujar Pratikno.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hari ini, Senin (28/11/2022) menerima surat presiden (Surpres) mengenai nama calon panglima TNI yang diserahkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tunjuk KSAL Yudi Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan Presiden Joko Widodo menunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI.

"Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan di oleh presiden untuk menggantikan panglima TNI Andika perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini," katanya dalam konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Dia menjelaskan, DPR RI akan melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi I DPR atas nama yang diusulkan presiden.

"Nanti tentu saja kami akan tindaklanjuti terkait dgn mekanisme di DPR untuk menuntaskan Komisi I laksanakan mekanisme terkait pergantian agar pengangkatan panglima TNI yang baru yang mana nantinya Jenderal Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember dan masuk masa pensiun 1 Januari 2023," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS