Sukses

Hadirkan Senyum Masyarakat, Pemkot Tarakan Gelar Bakti Sosial Bibir Sumbing

Kegiatan tersebut adalah hasil kerja sama dengan dosen-dosen spesialis bedah mulut Unhas dan digratiskan untuk kemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya untuk mengembalikan senyum masyarakat yang selama ini tersembunyi, Pemerintah Kota Tarakan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder menyelenggarakan Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-langit (Bibir Sumbing).

Sebanyak 18 peserta yang berasal dari berbagai wilayah se-Kalimantan Utara mengikuti operasi bibir sumbing yang berlangsung selama 3 hari, Senin - Rabu (7-9/11/2022).

Secara khusus, Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., meninjau pelaksanaan operasi Bibir Sumbing  di Rumah Sakit Umum Carsa Tarakan pada Selasa, 8 November 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Khairul menjelaskan kegiatan Bakti Sosial melibatkan Universitas Hasanuddin melalui Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, Yayasan Celebes Cleft Center, Smile Train dan PABMI (Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unhas, Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Makassar Timur, dan Tim Dokter Rumah Sakit Umum Carsa Tarakan. 

“Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan dosen-dosen spesialis bedah mulut Unhas, dan ini gratis untuk kemanusiaan,” terangnya.

dr. Khairul, M.Kes menyampaikan maksud dan tujuan program ini sebagai upaya untuk mengembalikan senyum masyarakat yang selama ini tersembunyi. Dirinya berharap kedepannya kegiatan bakti sosial ini dapat kembali terselenggara demi kemanusiaan masyarakat Kota Tarakan.

18 pasien bibir sumbing diketahui berasal dari Kota Tarakan (4 orang) serta 14 orangnya berasal dari daerah sekitar Kota Tarakan, diantaranya daerah Nunukan, Pulau Sebatik, Bulungan, Tanah tidung, Malinau, dan daerah lainnya.

Di samping operasi bibir sumbing ini, juga dilaksanakan sunat bagi 98 anak, scaling dan cabut gigi, sosialisasi agrokompleks, screening dan sosialisasi stunting, serta pemeriksaan kesehatan ternak dan vaksinasi penyakit mulut dan kuku pada ternak.

Secara keseluruhan, kegiatan Bakti Sosial Nasional ini berlangsung mulai 6 hingga 11 November di berbagai lokasi di Kota Tarakan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.