Sukses

Gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur Bikin Dosen, Mahasiswa UI Lari Keluar Gedung

BMKG mencatat gempa Cianjur, Jabar terjadi pada pukul 13:21:10 WIB. Lindu berkekuatan magnitudo 5,6, namun tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat berhamburan keluar gedung karena merasakan gempa yang mengguncang cukup keras.

"Gempa...gempa...lumayan kencang getarannya," kata dosen FEB UI Rizal E Halim yang menuruni tangga dari lantai dua di Departemen Manajemen FEB UI Depok, Senin (21/11/2022) dilansir Antara.

Rizal menyatakan saat gempa bumi terjadi dirinya tengah berada lantai dua untuk memulai proses belajar mengajar. Namun, tiba-tiba terjadi getaran yang cukup kencang.

"Dua kali guncangannya, getarannya membuat kaca jendela berbunyi kencang," ujarnya.

Diketahui, gempa yang menguncang Cianjur, Jawa Barat hari ini terjadi pada pukul 13.21 WIB. Lindu bahkan membuat sebagian warga Kota Sukabumi berhamburan keluar rumah.

Meski BMKG melaporkan tak berpotensi tsunami, getarannya terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. 

"Getaran gempa cukup kencang dirasakan warga Sukabumi, bahkan durasinya cukup lama. Kami sudah menginstruksikan personel untuk melakukan pemantauan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi.

Sesuai data BMKG gempa dengan magnitudo 5,6 berlokasi di 84 LS,107.05 BT 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Guncang Jakarta, ASN Balai Kota Berhamburan Keluar Gedung

Sementara itu, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Balai Kota yang merasakan guncangan lindu pun langsung berhamburan keluar dari Gedung Balai Kota. 

ASN yang tengah bekerja itu pun sontak keluar bangunan gedung begitu merasakan satu getaran cukup kuat seperti ada truk besar yang melintas.

Pada pukul 13.25 WIB pun alarm tanda gempa yang ada di Balai Kota berbunyi dengan kencang. Hingga pukul 13.40 WIB ini, seluruh ASN di Balai Kota telah berkumpul di lapangan di depan Gedung Balai Kota DKI.

Pukul 13.45 WIB, para ASN diimbau untuk berkumpul dititik kumpul untuk mengantisipasi gempa susulan.  

"Bapak ibu yang masih duduk di bawah gedung, diharapkan dapat berkumpul di tengah, dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan," demikian bunyi imbauan tersebut, Senin (21/11/2022).

Berdasarkan data yang dibagikan Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang mengutip Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lindu ini berkekuatan 5.6 Magnitudo.

3 dari 3 halaman

Gempa Terasa di Ruang Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J

Gempa yang menggoyang Kabupaten Cianjur, getarannya dirasakan pula di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) saat sidang kasus pembunuhan brigadir J.

Pertanyaan penasihat hukum terhadap saksi langsung terhenti, para pengunjung sidang terlihat menunjukkan raut wajah panik.

Namun tim pengamanan sidang langsungg berteriak meminta semua yang ada di dalam ruang sidang untuk tetap tenang.

Majelis hakim, jaksa pengacara, terdakwa dan para saksi terlihat masih di dalam ruang

Adapun Gempa tersebut berlangsung selama kurang dari 10 detik. Meski sidang sempat terhenti, namun hakim tidak melakukan skorsing.

Usai guncangan gempa mereda sidang kembali dilanjutkan, tanpa ada satu pun orang di dalam ruang sidang yang keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Gempa Bumi

  • Gempa Terkini

  • Gempa Cianjur Jabar