Sukses

Ada Gala Dinner G20, Jalanan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana Bali Ditutup Mulai Sore Ini

Polisi meminta maaf kepada masyarakat dan wisatawan di Bali jika nantinya ada sejumlah penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas karena adanya gala dinner KTT G20,

Liputan6.com, Jakarta Polri akan menutup sejumlah jalan dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Penutupan ini dilakukan, lantaran ada gala dinner para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Direktur Penegakkan Hukum (Dir Gakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, penutupan dan pengalihatan arus itu akan dilakukan dalam dua waktu yakni pukul 17.30-19.30 Wita dan 20.30-22.00 Wita.

"Nanti 17.30 Wita, pada saat menjelang gala dinner di GWK kita tutup kembali arus lalu lintas menuju GWK. Karena tamu negara banyak di Nusa Dua Utara, maka jalan Nusa Dua Utara menuju GWK kita tutup dari 17.30 sampai 19.30 Wita," kata Aan, Selasa (15/11/2022).

"Dan pukul 20.30 hingga pukul 22.00 Wita, ditutup kembali untuk para delegasi kembali ke tempat akomodasi," lanjut dia.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat dan wisatawan di Bali jika nantinya ada sejumlah penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas selama gelaran acara tersebut.

Jajarannya pun telah menyiapkan sejumlah rute alternatif untuk masyarakat dan wisatawan jika nantinya ada penutupan jalan.

"Masyarakat Bali dan wisatawan mudah-mudahan bisa memahami jika adanya kepadatan dan pengalihan. Kita sudah menyiapkan backup ada penebalan untuk mengurai kepadatan," tutur Aan.

Untuk mengurangi aktivitas masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Bali juga sudah mengeluarkan surat edaran agar aktivitas belajar dan perkantoran dapat dilakukan di rumah. Apalagi, dua hari ini adalah puncak dari rangkaian KTT G20.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus Pengamanan di 3 Lokasi

Menurut dia, penyelenggaraan KTT G20 ini dapat berjalan sukses juga berkat peran serta masyarakat.

"Jadi, keberhasilan KTT G20 adalah keberhasilan masyarakat Bali dan Indonesia. Ini jadi satu kebanggan kalau KTT G20 berjalan lancar aman tak ada hambatan. Kami mohon maaf pertama ke masyarakat dan wisatawan mungkin satu dua hari ini agak tersendat di ruas-ruas jalan tertentu namun kami terus melakukan upaya pencairan," kata Aan.

 

Polri memperluas penebalan kegiatan pengamanan saat puncak berlangsungnya KTT G20 di Bali pada 15 November dan 16 November 2022. Sejauh ini ada tiga lokasi yang menjadi sasaran patroli berskala sedang yakni Seminyak, Legian dan Kuta.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Agung Setya menyampaikan, dari hasil evaluasi pengamanan KTT G20 Mabes Polri pada Senin, 14 November 2022, nyatanya memang perlu dilakukan upaya preventif di tiga lokasi yang menjadi lokasi keramaian publik itu.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Personel

Polri lantas menempatkan personel di tempat-tempat yang memerlukan layanan kepolisian sebagai upaya peningkatan keamanan.

"Sebanyak 60 personel Samapta Mabes Polri dan 40 personel Samapta Polda Bali, serta 80 personel berpatroli di klaster Seminyak dan Legian serta Kuta," tutur Agung dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

Menurut Agung, selama lima hari terakhir ini penerbangan ke Bali cukup padat. Setidaknya ada 20 ribu orang terbang ke Pulau Dewata.

"Kita ingin menjaga kondusifitas dan perluasan keamanan di sekitar lokasi tersebut. Selain itu agar para delegasi bisa aman dan nyaman untuk melaksanakan KTT G20, begitu juga dengan mereka yang berlibur ke Bali," kata Agung.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.