Sukses

Wamenkum dan HAM: Pemasyarakatan Open 2023 Digelar agar Pegawai Tetap Bugar dan Fit

Khusus untuk tenis Kementerian Hukum dan HAM sengaja menggelar 3 turnamen dalam satu tahun.

Liputan6.com, Tangerang - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan, Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menggelar kejuaraan tenis Pemasyarakatan Open 2023.

"Dalam peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan, Kemenkumham selalu menggelar berbagai kegiatan olahraga seperti bola voli, senam dan juga tenis. Kegiatan ini bertujuan agar para pegawai tetap bugar dan fit," ujar Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej di Padang Golf Moderland, Kota Tangerang, Banten, Minggu (19/3/2023).

Khusus untuk tenis Kementerian Hukum dan HAM sengaja menggelar 3 turnamen dalam satu tahun. Agenda pertama adalah Januari 2023 lalu lewat Imigrasi Open, lalu Pemasyarakatan Open 2023 ini dan terakhir adalah hari ulang tahun Kementerian Hukum dan HAM pada 19 Agustus mendatang yang juga akan diselenggarakan event yang sama.

"Khusus untuk ajang Pemasyarakatan Open ini seharusnya dilaksanakan di bulan April, namun karena bertepatan dengan bulan puasa maka kegiatannya kita majukan di bulan Maret ini,” kata Edward.

Dikatakan, turnamen Pemasyarakatan Open ini diikuti oleh dua kategori peserta, yakni kategori prestasi dimana pesertanya diambil dari kanwil-kanwil yang ada di Indonesia. Atlet-atlet berprestasi dari Pemasyarakatan ini, nantinya akan mewakili Kemenkumham jika ada pertandingan antar lembaga atau BUMN.

"Ini adalah salah satu langkah Pemasyarakatan dalam memperkenalkan tenis kepada masyarakat luas. Selain itu sebagai aparatur sipil negara, kami juga sering mengikuti ajang olahraga di tingkat kementerian maupun lembaga negara lainnya. Maka bibit-bibit yang kami dapat dari turnamen internal ini, kami kirimkan untuk mengikuti pertandingan-pertandingan tersebut," tuturnya.

Sedangkan kategori ke-2 yakni kategori sinergi, tambah Edward, yakni pesertanya diambil dari para mitra Pemasyarakatan.

"Tujuan turnamen ini ya lebih mempererat sinergi dengan lembaga-lembaga tersebut," tutur pria yang akrab dipanggil Edi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Kegiatan Lainnya

Sedangkan Sekretaris Jenderal Ditjen Pemasyarakatan Heni Juwono dan juga Ketua Panitia Pemasyarakatan Open menyatakan bahwa hari ini adalah hari terakhir rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan.

"Setelah rangkaian kegiatan olahraga ini, kami juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial, pembagian sembako, tabur bunga di makan pahlawan dan nanti pada 4 Mei 2023 akan diadakan penutupan rangkaian acara dengan mengadakan upacara bendera,” ujarnya.

Juara Kategori Sinergi:

Juara 1Mudi Sutandio-Christian Adinata

Juara 2Eddy OS Hiariej-Yudhi

Juara 3Disri-Gansar

Juara 4Yuspahruddin-Achmad Budi

Juara Kategori Prestasi:

Juara 1Ali hasymi-Rizky aulia (regional 6)

Juara 2Permono pribadi-Moh. Ali (regional 4)

Juara 3Hendra dwi putra-Dedi pranata (regional 5)

Juara 4Chessa Adni-Fajar Harry (regional 5)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.