Sukses

Hari Ini Jokowi Akan Lantik Johanis Tanak Jadi Wakil Ketua KPK Gantikan Lili Pintauli

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini, Jumat (28/10/2022) dijadwalkan akan melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sisa masa jabatan 2019-2023.

Johanis Tanak didapuk menjadi komisioner KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

"Benar, rencana pelantikan pada pagi ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding saat dikonfirmasi, Jumat.

Seperti dilansir Antara, pelantikan Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK rencananya akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada pukul 09.30 WIB nanti.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI pada 29 September 2022 telah menyetujui dan mengesahkan Johanis Tanak sebagai pimpinan KPK untuk masa jabatan 2019-2023.

Keputusan itu berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR pada 28 September 2022 terhadap dua orang calon pimpinan KPK, yakni Johanis Tanak dan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara.

Usai pemaparan, Komisi III DPR menggelar pemungutan suara. Hasilnya, Johanis Tanak memperoleh 38 suara, I Nyoman Wara mendapatkan 14 suara, serta satu suara dinyatakan tidak sah.

Satu kursi pimpinan KPK kosong setelah Lili Pintauli mengundurkan diri. Sebelum mengundurkan diri, Lili sempat beberapa kali dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK karena pelanggaran etik, salah satunya soal dugaan gratifikasi menonton MotoGP di Mandalika. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kemudian mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 71/P/2022 tertanggal 11 Juli 2022 tentang pemberhentian Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua KPK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Firli Bahuri Senang

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku senang atas terisinya posisi Wakil Ketua menggantikan Lili Pintauli Siregar. Kini jabatan tersebut ditempati oleh Johanis Tanak.

"Saya menyambut gembira atas pengisian Wakil Ketua KPK. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden RI dan Pimpinan DPR RI," tutur Firli kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Firli turut memberikan selamat dan menyambut baik kehadiran Johanis Tanak menjadi jajaran komisioner KPK.

"Untuk saudara Johanis Tanak, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya untuk melanjutkan pengabdian di KPK sebagai Wakil Ketua KPK. Selamat datang dan selamat bergabung dalam barisan KPK. Mari kita bersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi. Terima kasih. Salam Antikorupsi," kata Firli.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS