Sukses

BPJS Kesehatan Anugerahkan Penghargaan kepada 20 Jurnalis Media Massa Terbaik

Liputan6.com, Ubud- BPJS Kesehatan anugerahkan penghargaan istimewa kepada 20 jurnalis media massa atas dedikasi mereka dalam mengedukasi masyarakat mengenai Program JKN melalui berbagai pemberitaan. Para jurnalis tersebut merupakan pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2022 yang digelar BPJS Kesehatan sejak bulan Juli 2022 lalu.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi kepada para jurnalis media massa yang telah membuka wawasan masyarakat tentang pentingnya memilki perlindungan jaminan kesehatan, inovasi terbaru BPJS Kesehatan, serta pentingnya keterlibatan seluruh pihak untuk mendukung keberlangsungan Program JKN yang terbukti membawa banyak manfaat bagi bangsa Indonesia.

“Media massa ibarat jembatan yang menghubungkan BPJS Kesehatan, pemerintah, penyedia layanan kesehatan, tenaga medis, suara publik, dan berbagai stakeholders terkait lainnya. Kami harap melalui kegiatan ini, kolaborasi BPJS Kesehatan dengan para jurnalis media massa bisa kian solid, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi yang akurat dan berimbang. Apalagi saat ini arus informasi begitu pesat, sehingga sudah menjadi tugas kita bersama untuk memberantas hoaks dan menghadirkan informasi-informasi yang benar,” ujar Ghufron.

Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2022 ini diikuti oleh 163 peserta dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia dengan total karya yang masuk sebanyak 202 karya. Untuk menjaga netralitas dalam melakukan penilaian, nama jurnalis dan media massa pada seluruh karya lomba yang masuk telah dihilangkan, sehingga bersifat anonim.

“Kami ingin semakin hari memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat. Terima kasih juga kami ucapkan kepada rekan-rekan jurnalis media massa seluruh Indonesia atas kontribusinya dalam mendukung pelaksanaan Program JKN, termasuk dalam memberikan masukan yang konstruktif untuk meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan dari waktu ke waktu. Harapan saya, keberadaan jurnalisme positif bisa terus bertumbuh mencerdaskan bangsa Indonesia,” kata Ghufron.

Sementara itu, salah satu dewan juri lomba yang merupakan akademisi sekaligus praktisi senior di bidang pertelevisian, Makroen Sanjaya, mengungkapkan bahwa Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2022 merupakan langkah yang tepat untuk menggelorakan jurnalisme positif di Indonesia untuk memberantas hoaks.

“Kami para juri sangat mengutamakan integritas demi mencari karya-karya terbaik. Kami betul-betul memegang teguh prinsip itu. BPJS Kesehatan bisa menjadi contoh untuk instansi-instansi lain untuk menumbuhkan semangat jurnalisme positif di kalangan jurnalis media massa. Pemenang berhasil memenuhi segala persyaratan kualifikasi yang menantang,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Para Pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2022

Berikut para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2022:

Kategori Media Cetak

  • Juara 1 : Fransiskus Pati Herin dari Harian Kompas dengan judul karya “Layanan Kesehatan untuk Warga di Ujung Negeri”
  • Juara 2 : Maulana Sandijaya dari Radar Bali dengan judul karya “Beri Edukasi dan Ingatkan Sanksi, Ratusan Juta Berhasil Dipulihkan”
  • Juara 3 : Rendi Fadillah dari Sumatera Ekspres dengan judul karya “Program JKN-KIS Jangkau Orang Rimba: UHC Tuntas Tahun 2024”
  • Juara Harapan : Arita Nugraheni dari Harian Kompas dengan judul karya “Mengawal Digitalisasi Pelayanan BPJS Kesehatan”

Kategori Media Online

  • Juara 1 : Lilik Darmawan dari Media Indonesia.com dengan judul karya “Kok Bisa Warga Terpencil Di Ujung Negeri Terproteksi JKN, Ini Mulanya”
  • Juara 2 : Deonisia Arlinta dari Kompas.id dengan judul karya “Permudah Akses Kepesertaan dengan Layanan Digital”
  • Juara 3 : Siti Masudah Isnawati dari Suaramerdeka.com dengan judul karya “JKN-KIS Naungi Warga dari Berbagai Strata”
  • Juara Harapan : Heru Prayitno dari Radar Sampit.com dengan judul karya “Menebar Kebaikan dengan Taat Iuran”

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS