Sukses

Anies Jadi Capres NasDem, Riza Patria Pastikan Tetap Dukung Prabowo

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara usai Partai NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Riza mengatakan hal tersebut merupakan hak setiap partai politik (parpol) untuk mengusung capres dan cawapres pilihannya. Partai NasDem kata Riza sah-sah saja mengusung Anies sebagai capres.

"Yang pertama, itu merupakan hak setiap partai politik untuk mengusung capres dan cawapres. Jadi kalau partai nasdem mengusung Pak Anies sebagai capres itu hak partai nasdem," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip Selasa (4/10/2022).

Politikus Gerindra ini menambahkan demikian pula dengan parpolnya. Menurut Riza, Gerindra satu suara mendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai capres di Pemilu 2024.

"Di setiap partai punya hak yang sama untuk mengusung siapapun. Partai saya, Partai Gerindra bersepakat mengusung Pak Prabowo sebagai capres pada Pemilu 2024," jelasnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Alasan Nasdem Usung Anies di Pilpres

Diketahui, NasDem resmi mengumumkan Anies sebagai capres yang diusung di Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," lanjutnya.

Selain itu, Surya Paloh juga meminta kadernya untuk mengawal pencapresan Anies ke depan dan tidak sungkan untuk menegur salah dan benar. Nasdem sebelumnya menominasikan tiga nama Capres 2024 dalam Rakernas beberapa waktu lalu.

Tiga nama bakal calon presiden yang menjadi dipilih oleh perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) NasDem dari seluruh Indonesia. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.