Sukses

3000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan AEON Environmental Foundation mengadakan penanaman pohon selama 2 tahap di daerah seperti hutan bakau dan sejenisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak tahun 2011, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan AEON Environmental Foundation mengadakan penanaman pohon selama 2 tahap di daerah seperti hutan bakau dan sejenisnya yang merupakan hutan pencegah bencana yang mengalami kekeringan akibat dampak pembangunan perkotaan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini dilakukan untuk melindungi permukiman sekitar dan jalan tol dari bencana seperti banjir, serta menghijaukan kembali pesisir pantai. Penanaman pohon tahap I yang dilaksanakan selama 3 tahun sejak 2011, melibatkan 5.100 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia untuk menanam 63.000 pohon bakau.

Penanaman pohon tahap II yang dimulai sejak 2018, dilaksanakan di lokasi yang berdekatan dengan lokasi penanaman tahap I. Atas kerja sama 2.000 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia, 20.000 pohon bakau telah ditanam dalam 2 tahun.

Tahun ini, yang merupakan pelaksanaan ketiga, sebanyak 3.000 pohon bakau akan ditanam bersama dengan 300 sukarelawan warga setempat.

Walikota Jakarta Utara, Ari Maulana Hakim, mengungkapkan bahwa penanaman mangrove ini bisa menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda untuk mengenal cara menanam pohon mangrove dan fungsi hutan mangrove untuk ekologi pantai.

"Pemerintah Kota secara konsisten terus mengajak dan mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua stakeholder di wilayah Jakarta Utara," kata Ari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hutan Mangrove

Sementara itu, menurut Soichi Okazaki (Pejabat Eksekutif AEON wilayah Asean) lokasi penanaman pohon dari tahun 2011 dengan total 83.000 pohon bakau, kini sudah berubah menjadi hutan mangrove yang merupakan habitat bagi berbagai macam binatang dan tumbuhan lainnya yang tumbuh subur.

"Saat ini, AEON terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan berbasis masyarakat seperti penanaman pohon yang telah berkembang menjadi pemeliharaan dan pemanfaatan pohon," katanya.

Soichi Okazaki juga berkomitmen AEON Environmental Foundation akan terus aktif menjalankan gerakan peduli lingkungan seperti gerakan penanaman pohon agar kelestarian alam dapat diteruskan kepada generasi penerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.