Sukses

Pembangunan Sekolah Net Zero Carbon SDN Ragunan 08 Habiskan APBD Rp33 M

Sekolah ini direhab total menjadi Sekolah Negeri Net Zero oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan anggaran Rp 33 miliar dari APBD DKI

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan SDN Ragunan 08 sebagai sekolah net zero carbon, yang semula terdiri dari tiga sekolah yaitu SDN Ragunan 08 Pagi, SDN Ragunan 09 Pagi, dan SDN Ragunan 11 Petang. Sekolah ini direhab total menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Sekolah ini direhab total menjadi Sekolah Negeri Net Zero oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan anggaran Rp 33 miliar dari APBD DKI," kata Anies melalui akun Instagram resminya @aniesbaswedan, dikutip Kamis (29/9/2022).

Anies menyebut sekolah berkonsep net zero carbon ini dibangun dengan tujuan yang jelas. Sebab, kata dia sebelum menjadi karya ada gagasan dan narasi. Di lokasi sekolah juga terdapat pohon-pohon peneduh yang besar dan sengaja dipertahankan.

Anies menuturkan SDN Ragunan 08 ini terdiri dari lima massa bangunan dalam satu baris yang diberi jarak agar bisa ditanami pohon dan disinari cahaya matahari supaya udara alami dapat mengalir. Di lantai dasar beberapa kelas pun ada akses pintu langsung ke taman.

"Dengan akses ke ruang hijau ini anak-anak bisa lebih rileks, kreativitasnya tumbuh, problem solving terasah, juga kesehatan mental terjaga," ujar Anies.

Kemudian, antarruang kelas juga diberi partisi penyekat yang bisa dibuka untuk menggabungkan dua kelas jika dibutuhkan ruang yang lebih besar. Ruang serba guna diletakkan di pusat dari kelima massa bangunan.

"Jika ada acara besar, ruang ini dapat diperluas ke ruang-ruang terbuka di sekelilingnya," katanya.

Sebagai informasi, sekolah net zero merupakan bangunan yang rendah dan efisien, memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan.

"Berkontribusi dalam menetralkan emisi karbon melalui penggunaan energi terbarukan secara onsite, atau offsite, maupun melalui carbon offset," jelas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Sekolah Diresmikan Anies

Selain SDN Ragunan 08, total ada tiga gedung sekolah lainnya yang ikut diresmikan yaitu SDN Grogol 09, SDN 14 Duren Sawit dan SMAN 96 Jakarta Barat.

"SDN Ragunan 08, SDN Grogol 09, SDN 14 Duren Sawit dan SMAN 96 Jakarta dengan ini secara resmi digunakan," kata Anies.

Anies menyatakan bahwa keempat sekolah ini merupakan sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan net zero carbon.

Menurut dia, konsep ini sejalan dengan komitmen Jakarta untuk menurunkan 30 persen emisi gas rumah kaca pada 2030 mendatang. Selain itu, bangunan sekolah juga dilengkapi dengan panel surya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.