Sukses

Universitas Islam Internasional Indonesia Beri Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa Pascasarjananya

Liputan6.com, Jakarta Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) resmi membuka program kuliah pascasarjana untuk tingkat S2 magister dan S3 doktoral di tahun 2023 ini.

Pembukaan program ini resmi dilakukan pada hari ini, Senin (26/9/2022) oleh Rektor UIII Komaruddin Hidayat. Acara yang bernama 'Academic Convocation' ini digelar di Procession Hall, Gedung Rektorat kampus UIII sekaligus menandai hari pertama tahun akademik 2022/2023.

Dalam pidato menyambut mahasiswa baru, Komaruddin Hidayat selaku Rektor UIII mengatakan mayoritas mahasiswa baru UIII dipenuhi oleh mahasiswa program S-2 sebanyak 104 orang dan selebihnya merupakan mahasiswa S-3 sebanyak 44 orang.

"Semua mahasiswa ini mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship)," ujar Komarudin dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Komarudi mengatakan, UIII merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang sedari awal didesain menjadi kampus bertaraf internasional. Sejak berdirinya UIII beberapa tahun lalu hingga sekarang, UIII terus berupaya membangun kerja sama dan memperluas jaringan dan sinergi dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri, baik instansi pemerintah maupun swasta.

"Mungkin tidak banyak lembaga pendidikan lain di Indonesia yang bisa dijadikan contoh untuk membangun proyek sentral seperti ini. UIII ini adalah proyek perintis. Tetapi karena ini bukan proyek instan, mungkin perlu waktu untuk membuatnya menjadi mapan dan berkembang. Juga, dibutuhkan cukup banyak waktu untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya di masa depan," demikian kata Komaruddin.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya dari Indonesia

Seperti yang sejak awal direncanakan, kampus UIII tidak hanya dipenuhi mahasiswa dari Indonesia, tetapi juga mahasiswa internasional dari berbagai negara.

Tahun 2021 lalu, UIII telah menerima sekitar 100 mahasiswa untuk empat fakultas melalui program beasiswa full-scholarship.

Dari jumlah tersebut, mayoritas mahasiswa berasal dari Indonesia dan sebagian lainnya berasal dari berbagai negara. Mahasiswa UIII tahun itu terdiri dari 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Universitas UIII Chaider S. Bamualim menjelaskan animo masyarakat, termasuk dunia internasional, terlihat semakin besar kepada UIII.

"Terjadi peningkatan cukup signifikan jumlah pelamar tahun ini, dan juga latar belakang kota, serta negara asal mereka. Hal ini menunjukkan perhatian dan juga kepercayaan yang cukup besar kepada kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi dalam bidang keislaman. Ini merupakan ‘strategic positioning’ yang penting bagi kami di UIII untuk meneguhkan peran Islam dan kontribusi Indonesia untuk dunia, khususnya dunia Islam," ucap Chaider.

 

3 dari 3 halaman

Bangun Kerja Sama

Untuk itu, UIII bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan kantor Direktorat Jendral Imigrasi Kemenkumham RI untuk mendapatkan bantuan dan dukungan mendatangkan mahasiswa asing.

"Syukur alhamdulillah, dalam hal ini, perhatian pemerintah Indonesia sangat besar dan khususnya Kementerian Luar Negeri dan Kantor Direktorat Jendral Imigrasi berperan penting dalam mempercepat kehadiran mahasiswa asing kami di UIII," jelas Chaider.

UIII Mulai Membuka Kuliah Doktoral S-3 dengan beasiswa penuh (full scholarship) pada Juni 2022. UIII membuka dua fase pendaftaran calon mahasiswa baru untuk program S-2 (magister) dan S-3 (doktoral) melalui program UIII Scholarship.

Program ini terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Selama masa pendaftaran fase pertama dari 15-30 Juni 2022 sampai dengan fase kedua 1-23 Juli 2022, sekitar 1.500 orang dari berbagai penjuru dunia telah melamar UIII scholarship ini

Dalam proses seleksi, UIII menerapkan kebijakan non-diskriminasi atas dasar ras, agama, etnis, jenis kelamin, disabilitas, atau dasar lain apa pun, selain pertimbangan prestasi akademik dan kemampuan serta pengalaman pelamar lainnya yang relevan dengan kriteria yang telah ditetapkan UIII.

Seleksi mahasiswa baru UIII tahun akademik 2022-2023 dilakukan melalui tahapan dan proses yang sangat ketat. Proses seleksi menerapkan pendekatan multi-stage filtering yang dimulai dengan proses seleksi administrasi, proses desk review secara substantif terhadap dokumen lamaran, dan wawancara langsung (sebagian besar dilakukan secara online) dengan pelamar oleh minimal dua orang dosen terpilih dari setiap fakultas yang relevan dengan bidang yang dilamar mahasiswa.

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, pada Agustus 2022 kemarin, UIII telah menetapkan sebanyak 148 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2022- 2023.

Kampus UIII terletak di kawasan Depok, Jawa Barat, dan perguruan tinggi negeri bertaraf internasional ini didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan Islam Indonesia yang moderat dan toleran ke dunia Internasional, serta menjadikan Indonesia sebagai salah-satu pusat peradaban Islam Dunia.

Kampus ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.