Sukses

Resmi! Dewan UGG Usulkan Pengesahan Ijen sebagai Unesco Global Geopark

Geopark (taman bumi) Ijen telah diusulkan secara resmi sebagai UGG.

Liputan6.com, Banyuwangi Geopark (taman bumi) Ijen telah diusulkan secara resmi sebagai UGG. Keputusan tersebut diambil setelah Dewan UNESCO Global Geopark (UGG) telah bersepakat pada sidang di hadapan lebih dari 73 pengamat dan lebih dari 20 negara anggota. Selain Ijen, enam geopark lainnya juga diusulkan untuk ditetapkan sebagai UGG baru.

Alhamdulillah, dikutip dari laman resmi UNESCO, (geopark) Ijen akhirnya lolos sidang dan segera diajukan ke Dewan Eksekutif UNESCO untuk mendapatkan pengesahannya. Insha Allah jika tidak ada aral, penetapannya sekitar awal tahun depan,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (18/9/2022).

Dalam laman tersebut dijelaskan bahwa Dewan UGG telah menggelar sidang di Provinsi Satun, Thailand pada 4 dan 5 September 2022. Mereka melakukan penilaian terhadap pengajuan sejumlah geopark baru (termasuk Geopark Ijen) dan 28 validasi ulang dari UGG yang telah ada.

Dalam laman tersebut juga dijelaskan bahwa berdasar pedoman operasional UNESCO Global Geoparks, dewan harus menyampaikan laporan tentang pekerjaan dan keputusannya kepada Biro UNESCO Global Geoparks.

Laporan tersebut kemudian akan diedarkan ke Negara Anggota dan Negara Anggota Asosiasi UNESCO. Untuk kemudian Dewan Eksekutif UNESCO melakukan pengesahan hasilnya.

Sebelumnya, diketahui Bupati Ipuk dan Badan Geopark Ijen telah mempresentasikan proposal Geopark Ijen pada forum internasional yang bertajuk “The 7th Asia Pasific Geopark Network Symposium” di Provinsi Satun, Thailand, 7 & 8 September 2022. Forum tersebut merupakan rangkaian dari sidang Dewan UGG.

"Alhamdulillah dalam rapat dewan UGG telah diputuskan untuk menerima proposal Geopark Ijen untuk menjadi bagian jaringan geopark dunia. Pada Desember 2022 mendatang, Dewan UGG akan menggelar pertemuan untuk memeriksa pengajuan kita yang saat ini sedang menjalani evaluasi dan validasi ulang. Akan terus kita kawal bareng,” kata Ipuk.

Ipuk kembali menambahkan capaian ini hendaknya jangan membuat larut dalam euforia kesenangan, namun mengajak semua pihak untuk segera membenahi hal-hal yang masih kurang, agar predikat UGG dapat segera disandang oleh Geopark Ijen.

“Kami akan duduk bersama untuk menjalankan sejumlah rekomendasi dari tim asesor UNESCO yang perlu ditindaklanjuti," kata Ipuk.

“Dengan statusnya sebagai jaringan global geopark ke depan, tentunya akan menjadikan Geopark Ijen sebagai tujuan wisata dunia dan akan mendapatkan perhatian yang lebih besar, baik sektor pariwisatanya maupun upaya pemberdayaan masyarakatnya,” pungkas Ipuk.

Sebagai informasi, situs geopark yang tengah diusulkan untuk ditetapkan, yakni Aras (Iran), Waitaki Whitestone (Selandia Baru), Kinabalu (Malaysia), Ijen dan Maros Pangkep (Indonesia), Khorat (Thailand), dan Bohol (Filipina).

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini