Sukses

Astra Internasional dan Uniba Teken MoU Kerja Sama Program Magang

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan Astra Internasional memiliki empat program sosial yang nantinya bisa dipilih oleh para mahasiswa untuk magang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Internasional Tbk menandatangani perjanjian kerja sama MoU Link and Match Program Magang dengan Universitas Balikpapan (Uniba), Kalimantan Timur pada hari ini, Minggu (18/9/2022). 

Kerja sama tersebut terkait dengan program magang yang diadakan Universitas Balikpapan (Uniba) untuk mahasiswanya, utamanya setelah ada program terbaru Kampus Merdeka yang mewajibkan adanya magang. 

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan, salah satu alasan kesepakatan tersebut karena kini di Balikpapan, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tengah dibangun Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. 

"Profilnya Astra, ada 241 perusahan di sana dan yang ada di sini sebagian kecil saja. Mudah-mudahan Astra dan Universitas Balikpapan serta Kota Balikpapan bisa bekerjasama," ujar Riza di Uniba, Minggu.  

"Kita memilih Kota Balikpapan karena nantinya kita akan sering datangi karena IKN ada di sini," sambung dia. 

Riza kemudian memaparkan, Astra Internasional memiliki empat program sosial yang nantinya bisa dipilih oleh para mahasiswa untuk magang. 

"Astra itu program sosialnya ada empat, yang pertama adalah bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan. Ini peluang yang bagus buat adek-adek mahasiswa karena semua itu bidang-bidang dasar yang ada di tempat kita. Mau usaha UKM ada di Astra, mau ngurusin lingkungan hidup ada di Astra, pendidikan ada. Jadi kesempatan itu banyak sekali," papar Riza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut Baik Uniba

Senada, Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Balikpapan Rendi Susiswo Ismail juga berharap kerja sama magang di Astra menjadi awal yang baik. 

"Saya kira ini adalah pintu bagi Uniba yang sangat harus kita buka bagaimana ke depannya," kata Rendi. 

Sebab, menurut dia, saat ini juga pemerintah mendorong perguruan tinggi dan lulusannya memiliki keahlian sejalan dengan kebutuhan industri. 

Selain itu menurut dia, mengingat Astra memiliki banyak jenis perusahaan, maka menjadi peluang yang bagus untuk para mahasiswa lewat program Kampus Merdeka yang mewajibkan bagi mahasiswa untuk melakukan magang. 

"Astra building grup banyak variannya. Untuk wilayah Kalimantan Timur bekerja sama dengan Uniba. Semoga kerja sama dengan Uniba bisa semakin dibuka ke depannya," tutup Rendi.

3 dari 3 halaman

Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 di Universitas Balikpapan

Dalam rangkaian HUT ke-65 PT Astra International Tbk digelar pada hari ini, Minggu (18/9/2022), diselenggarakan pula Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 di Universitas Balikpapan (Uniba), Kalimantan Timur (Kaltim).

Melalui program tersebut, Astra berharap seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Festival tersebut mengusung tema “Collaboration for Safety & Sustainability Driving” pada tahun ini. Kegiatan ini menyuguhkan seminar Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas dan pelatihan pelopor commercial vehicle yang disaksikan oleh lebih dari 250 mahasiswa dan 250 pelanggan Grup Astra.

Sebelum menjelasakan alasan memilih melaksanakan festival itu di Universitas Balikpapan, Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan, Balikpapan merupakan salah satu kota yang memiliki tata jalanan cukup baik.

Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Balikpapan Arya Fitriadi menambahkan, pemilihan Universitas Balikpapan menyelenggarakan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 karena pasti banyak mahasiswa yang pergi ke kampus dengan menggunakan sepeda motor.

"Jadi alasannya sebenarnya terkait komitmen memilih Uniba karena tadi Pak Riza ketika sambutan bahwa banyak masyarakat kita itu ngerti tentang produknya Astra. Kalau bicara kampus, tentunya banyak yang pakai motornya Astra Honda. Nah ini tentunya jadi pertimbangan kita harapannya ini bagian dari keinginan kita mengedukasi gimana cara untuk kita bisa aman untuk berlalu lintas," kata Arya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.