Sukses

Soal Peluang Olly Dondokambey Jadi MenPAN-RB, Ngabalin: Iya Bisa Saja

Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan peluang Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi MenPAN-RB. Menurutnya, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan peluang Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi MenPAN-RB. Menurutnya, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

"Iya bisa saja (Olly Dondokambey jadi MenPAN-RB)," kata Ngabalin, saat diwawancarai di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu 28 Agustus 2022 malam.

Kendati demikian, dia menegaskan kewenangan untuk menunjuk sosok pengganti Tjahjo Kumolo merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Namun, kemungkinan Olly menjadi MenPAN-RB karena Dia juga merupakan kader PDIP layaknya Almarhum Tjahjo Kumolo.

"Yang pasti Presiden punya kewenangan untuk angkat siapa saja. Tapi kenapa orang bicarakan Pak Olly karena Pak Tjahjo dari PDIP, tapi mengangkat dan menempatkan siapa saja di situ hak prerogarif presiden," ucapnya.

Ngabalin pun optimis kekosongan kursi MenPAN RB bakal diisi dalam waktu dekat. Dia memastikan Jokowi bakal mengumumkan MenPAN RB pengganti Tjahjo dalam waktu dekat.

"Saya punya keyakinan akan diisi dalam waktu yang tidak terlalu lama sejalan dengan jadwal atau waktu yang tepat dari presiden dari reshuffle itu sendiri," imbuh Ngabalin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Serahkan Nama ke Jokowi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya telah menyerahkan nama pengganti dari almarhum Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Hasto Kristiyanto menyebut, ada lebih dari satu nama kader PDIP yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi MenpanRB.

"Ya pada hari Kamis yang lalu Ibu Mega (Ketum PDIP) sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan nama-nama sudah diserahkan," kata Hasto dalam keterangannya, Selasa 23 Agustus 2022.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.