Sukses

Birukan RUN, Zulkifli Hasan: Peduli Kesehatan Sambil Cintai Lingkungan

Rangkaian acara mulai dari bazaar, talkshow, konser, hingga marathon dipastikan bebas sampah dan seluruh plastik akan didaur ulang.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tiba di garis finish dalam acara marathon Birukan RUN di dalam kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, pukul 7.30 WIB pagi, Sabtu (27/8/2022).

Acara marathon 5 kilometer Birukan RUN ini merupakan bagian dari rangkaian Birukan Langit Indonesia Festival (BLIF) 2022 yang merupakan gerakan sosial yang diinisiasi generasi millennial dan Gen Z untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, ramah lingkungan, dan pemberdayaan UMKM serta produk lokal.

Dalam penyelenggaraannya, seluruh rangkaian acara BLIF dan Birukan RUN mengadopsi konsep responsible waste. Rangkaian acara mulai dari bazaar, talkshow, konser, hingga marathon dipastikan bebas sampah dan seluruh plastik akan didaur ulang.

"Seluruh sampah yang terkumpul dari semua rangkaian acara akan dikalkulasikan secara realtime. Semua akan diproses untuk didaur ulang, jadi sampah-sampahnya tidak akan sampai di tempat pembuangan akhir. Panitia BLIF sudah bekerja sama dengan berbagai organisasi dan perusahaan yang bergerak di bidang recycle ini," ujar Zulkifli Hasan.

Seluruh keuntungan dari penjualan tiket BLIF ini juga akan didonasikan kepada organisasi non-profit yang bergerak di bidang lingkungan, pemberdayaan UMKM, dan produk lokal.

"Keuntungan tiket juga akan didonasikan ya untuk projek-projek sosial di bidang lingkungan dan pemberdayaan produk lokal. Saya rasa ini cara yang tepat untuk mengajak generasi millennial dan Gen Z peduli lingkungan," jelas Zulkifli Hasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesehatan Diri dan Lingkungan

Acara marathon Birukan RUN diikuti oleh berbagai kalangan namun ramai dengan anak-anak muda generasi milenial dan Gen Z seperti yang dijelaskan Zulkifli Hasan. Sebagai pecinta olahraga, politisi Zulkifli Hasan tekankan pentingnya menyeimbangkan merawat kesehatan diri dan lingkungan.

"Kesehatan diri sendiri dan lingkungan itu harus seimbang. Dengan lifestyle anak muda sekarang yang jam kerja dan istirahatnya sangat mungkin tidak teratur karena work from home, olahraga harusnya semakin jadi aspek penting. Saya senang lihat kedua aspek banyak diekspresikan di Birukan RUN ini," tutup Zulkifli Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.