Sukses

HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Wapres Ma'ruf: IPTEK Jadi Modal Penting Sambut Masa Depan

Ma’ruf meminta, semangat tercermin dalam tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” harus ditularkan kepada bangsa-bangsa lain dengan memanfaatkan presidensi G20 Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 diyakini menjadi momentum, untuk menyongsong tantangan global di masa mendatang. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, butuh modal penting demi mewujudkan hal itu, salah satunya ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK).

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah modal terpenting untuk bisa mengelola perubahan dan sekaligus memenangkan persaingan global,” ujar Ma’ruf dalam keterangan diterima, Rabu (17/8/2022).

Ma’ruf meminta, semangat tercermin dalam tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” harus ditularkan kepada bangsa-bangsa lain dengan memanfaatkan presidensi G20 Indonesia.

“Melalui momentum Presidensi G20, kita tularkan semangat kepada bangsa-bangsa lain, agar kemajuan dan kesejahteraan di tingkat nasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan,” tegas Ma’ruf. 

Tidak lupa, Ma’ruf mengajak bangsa Indonesia untuk bisa membangkitkan semangat dan kegigihan perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk mengatasi segala tantangan, meski yang dihadapi saat ini berbeda dengan tantangan di era penjajahan. 

Ma’ruf meyakini, bangsa Indonesia sejatinya adalah bangsa pejuang, sehingga semangat perjuangan para pahlawan harus terus tertanam kuat dalam sanubari bangsa Indonesia sampai kapanpun.

“Semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan harus senantiasa menjadi jiwa seluruh bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan,” Ma’ruf menandasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Dimulai Pukul 09.40 WIB

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat akan dimulai pada Rabu (17/8/2022), pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry diagendakan memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja akan dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dijadwalkan memasuki lapangan upacara.

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.