Sukses

Gelaran Jakarnaval Sukses, Penonton Antusias dan Berharap Jadi Event Tahunan

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Jakarnaval di Sirkuit Internasional E-Prix Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022), mendapatkan sambutan antusias masyarakat.

Deretan mobil hias yang tampil mampu menghibur penonton.

Hal ini disampaikan salah seorang penonton, Tauhid Mahyudin. Menurut warga Tangerang Selatan ini, ia sudah sejak sore hadir di Sirkuit E-Prix untuk menyaksikan Jakarnaval.

"Setelah lama terbelenggu Covid-19, perhelatan Jakarnaval ini sangat saya tunggu. Masyarakat menurut saya terhapus dahaganya akan hiburan dengan event ini," tuturnya.

Menurut Tauhid, kendaraan-kendaraan hias yang ditampiljan peserta juga bagus-bagus.

"Acara yang keren. Apalagi kendaraan-kendaraan hias yang tampil juga ada yang menampilkan atraksi. Saya sangat terhibur," ujarnya.

Dalam penilaian Tauhid, acara ini berjalan dengan sukses.

"Di acara ini juga ditampilkan sejumlah lagu dan kebudayaan Betawi. Jadi sangat menghibur. Makanya dari tadi penonton juga gak beranjak dari tempat duduk sampai acara selesai," katanya.

Ia berharap event ini bisa diteruskan di tahun-tahun berikutnya.

"Bahkan kalau bisa dibuat lebih meriah lagi dengan lebih banyak menghadirkan peserta dan budaya dari berbagai daerah," katanya.

Jakarnaval 2022 mengangkat tema Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia.

Kegiatan ini dimeriahkan juga dengan penampilan dari Pitung, Jampang & Sabeni-gundala & Si Pengkor Gajah Mada-keong Mas, Bawang Merah & Bawang Putih Timun Mas & Buto Ijo-rama Shinta, Jatayu & Rahwana.

Selain itu ada Drama Musikal-ondel Ondel Kontemporer Marching Band-tarian Kontemporer. Ada juga penampilan Armada Band, Lyodra, serta Juicy Luicy.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Parade dalam 5 Klaster

Untuk diketahui, Jakarnaval telah digelar sejak tahun 1999 dan merupakan sebuah parade karnaval tahunan terbesar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Parade ini juga mengokohkan posisi Jakarta sebagai kota yang menyatukan komunitas, yang berani bertekad menatap masa depan pascapandemi dengan optimisme, kebersamaan, dan kreativitas.

Dalam Jakarnaval ini, peserta parade terbagi dalam 5 klaster, yaitu:

1. Jawara Epic Adventure - Tiga Jagoan legendaris Betawi: Pitung, Jampang, dan Sabeni, disatukan dalam sebuah semesta yang mana mereka akan berpetualang bersama. Mereka bertiga disebut Tiga Jawara.

2. Guardians Of Nusantara - Mengangkat cerita kerajaan Majapahit dengan sentuhan fantasi, pengunjung diingatkan oleh semangat Patih Gajah Mada dalam Sumpah Palapa untuk menyatukan Nusantara.

3. Gundala - Jakarta adalah kota multietnis yang sangat beragam, tantangan besarnya adalah bagaimana tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada. Gundala tiba sebagai seorang figur yang siap menjaga persatuan dengan menyebarkan semangat percaya akan harapan, bahwa walaupun dalam perbedaan, kota Jakarta akan tetap tetap bersatu dengan kuat dalam sebuah kolaborasi antarbudaya dan perbedaan.

4. Chronicles Of Destiny - Penggabungan dari 3 cerita rakyat Indonesia, yaitu Keong Mas, Timun Emas, dan Bawang Merah Bawang Putih diimajinasikan dengan gaya klasik, dan mengingatkan pesan untuk selalu percaya di mana ada kesulitan pasti akan ada keindahan di akhir.

5. The Inferno Heart - Ramayana adalah kisah yang tidak pernah lekang diceritakan di tanah air, kisah ini diceritakan kembali dengan tema ‘steam-punk’ yang sangat sarat dengan ‘inovasi’.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.