Sukses

Warga Cilegon Jadi Suspek Cacar Monyet

Cacar monyet atau monkeypox diduga telah menjalar hingga ke Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Cacar monyet atau monkeypox diduga telah menjalar hingga ke Kota Cilegon, Banten. Hal ini terlihat dari unggahan akun Instagram @puskesmas.pulomerak.

Dalam keterangan videonya, pasien tersebut diperiksa oleh tim medis pada Senin 8 Agustus 2022. Kemudian sampelnya sudah dikirim ke Labkesda Provinsi Banten.

Menurut keterangan dari Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, pasien itu kini tengah menjalani isolasi mandiri hingga keluar hasil laboratoriumnya.

"Pasien ini mengeluhkan adanya bintil-bintil mirip seperti cacar monyet atau monkeypox. Merasakan nyeri sakit kepala, nyeri otot dan sakit punggung. Keluhan-keluhan tersebut hampir mirip seperti sakit cacar monyet," kata Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, Rabu (10/8/2022).

Isnayati bercerita, lansia berinisial Y dengan usia 60 tahun itu datang ke Puskesmas Pulomerak pada Senin 8 Agustus 2022, untuk memeriksakan kesehatan dengan berbagai keluhan yang mirip dengan cacat monyet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambil Sampel

Pihak puskesmas telah mengambil sampel PCR khusus cacat monyet, serum dan krusta dari terduga suspek beserta keluarga terdekatnya. Semuanya sudah dikirim ke Labkesda Provinsi Banten dan sedang diteliti.

"Semoga pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif. Semua sedang kami pantau, kami juga telah mengambil sampel spesimen ke pihak keluarganya. Ini kita lakukan agar tidak menyepelekan penyakit ini," terangnya.

3 dari 3 halaman

Kontak

Menurut Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, penularan cacat monyet salah satunya disebabkan ada kontak erat dari monyet dengan manusia melalui gigitan hingga cairan tubuh.

Masyarakat yang merasakan gejala cacat monyet, diharapkan segera datang ke puskesmas terdekat untuk diperiksa kesehatannya.

"Masyarakat untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala yang menyerupai cacar monyet, tetap menggunakan masker, tetap hidup bersih dan sehat dan yang terpenting lakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang ada di Kota Cilegon," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.