Sukses

Profil AKP Rita Yuliana yang Diisukan Sebagai Simpanan Ferdy Sambo

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa 9 Agustus 2022, Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Kabar itu disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Timsus telah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam konferensi pers, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.

Listyo mengatakan, Irjen Ferdy Sambo yang meminta Bharada E untuk melakukan penembakan terhadap Brigadir J. Ia juga menegaskan tidak ada peristiwa tembak menembak saat kejadian. Hanya saja, menurut Listyo, untuk motif penembakan pihaknya masih melakukan pendalaman.

"Terkait dengan motif saat ini sedang dilakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan juga terhadap Ibu Putri," kata Listyo.

Namun, seiring dengan terus bergulirnya kasus kematian Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo, Bharada RE atau Richard Eliezer selaku sopir istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Brigadir RR, dan seorang berinisial KM, terdengar nama AKP Rita Yuliana.

Rupanya, polwan cantik itu diisukan atau disebut-sebut sebagai wanita simpanan Ferdy Sambo. Nama AKP Rita Yuliana juga smepat trending dalam mesin pencarian Google dan sosial media.

Meski begitu, hingga saat ini pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana belum memberikan jawaban apapun. Ia hanya menjawab ketika ditanyakan oleh netizen di akun Instagram miliknya @ritasorchayuliana.

"Tolong klarifikasi bu, kalau ibu ini bukan simpanan jenderal, agar nama baik ibu jadi bersih," tulis seorang netizen dalam sebuah unggahan foto.

"Terimakasih, pasti nanti diklarifikasi🙏🏻," jawab AKP Rita Yuliana.

Lantas, siapakan sebenarnya AKP Rita Yuliana? Berikut profil AKP Rita Yuliana yang diisukan atau disebut-sebut sebagai wanita simpanan Ferdy Sambo dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Biodata Singkat dan Riwayat Pendidikan

AKP Rita Yuliana memiliki nama lengkap Rita Sorcha Yuliana. Polwan cantik itu lebih dikenal dengan Rita Yuliana.

AKP Rita Yuliana kini berusia 30 tahun. Ia lahir pada 1 Juli 1992 di Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat ini ia memiliki akun Instagram @ritasorchayuliana yang telah memiliki 94 ribu followers.

Diketahui, Rita Yuliana memulai pendidikan sebagai polisi pada 2010 di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada 2013. Setelah lulus dari Akademi Polisi pada 2013, ia langsung bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika merujuk pada unggahan beberapa foto pada akun Twitter yang diduga milik AKP Rita Yuliana, ia diketahui telah menikah pada 2014 silam dengan seorang anggota Polisi juga bernama Komang Yogi Arya Wiguna.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jenjang Karier

Rita Yuliana bertugas selama 3 bulan di PPA Reskrim Polda DIY, kemudian dipindahkan ke Polres Sleman sebagai Kepala Urusan Administrasi dan Ketatausahaan (Kaur Mintu) Lantas.

Tak butuh waktu lama, AKP Rita Yuliana dipromosikan kembali menjadi Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Sleman. AKP Rita Yuliana mengemban tugasnya menjadi polisi di Yogyakarta sejak 2014 hingga 2018.

Pada 2018, Rita Yuliana ditempatkan di Polda NTB. Selama bertugas di NTB, AKP Rita Yuliana juga telah menorehkan berbagai prestasi baik, di mana, ia bertugas di Subdit IV Bareskrim Polres NTB.

Kala itu, AKP Rita Yuliana berhasil mengungkap berbagai kasus besar, satu di antaranya adalah kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Senggigi.

Kemudian ia juga sempat mendapatkan kenaikan pangkat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas atau Kasat Lantas Polres Lombok Barat dan terakhir menjabat sebagai Kasat Lantas Lombok Timur.

Ketika menjadi Kasat Lantas, beberapa kali Rita Yuliana tercatat membuat inovasi-inovasi yang dianggap bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu inovasinya yaitu menginisiasi pembuatan outlet vaksin pada layanan SIM Satpas SIM Polres Lombok Timur pertama di Indonesia.

Programnya kemudian menjadi panutan bagi seluruh jajaran Polri. Bahkan, Rita Yuliana juga sempat meraih penghargaan saat peringatan HUT ke-73 Polwan.

 

4 dari 4 halaman

Jejak Prestasi

Pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini diketahui memiliki segudang prestasi. Selain yang sudah disebutkan, tak kalah baik adalah kemampuan berbahasa Mandarin yang dimilikinya.

Bahkan kabarnya, AKP Rita Yuliana menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang berkesempatan mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China pada 2018.

Polwan Rita Yuliana mengambil program spesialis bahasa Mandarin yang diikuti juga oleh kurang lebih 33 negara lain dari tiga benua, yaitu Eropa, Asia, dan Afrika.

AKP Rita Yuliana kemudian mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) dalam tes standarisasi kemampuan berbahasa Mandarin. Ia berhasil mendapatkan HSK level 4 atau melebihi target HSK dalam tes standarisasai kemampuan berbahasa Mandarin sebagai penutur asing.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS