Sukses

HUT ke-10, Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media

Ketua Umum Forum Pemred Indonesia Arifin Asydhad mengatakan tema HUT ke-10 kali ini yakni, 'Memajukan Pers, Menyatukan Bangsa'.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) Indonesia membentuk Tim Perumus Ekosistem Media, dalam perayaan HUT ke-10. Tim ini dibentuk untuk mewujudkan ekosistem media yang sehat, seiring berkembangnya teknologi.

Ketua Umum Forum Pemred Indonesia Arifin Asydhad mengatakan tema HUT ke-10 kali ini yakni, 'Memajukan Pers, Menyatukan Bangsa'. Arifin menilai perlu ada terobosan baru untuk memajukan media massa yang saat ini membuat berita yang dapat memiliki jumlah pembaca banyak.

"Media massa saat ini terjebak dalam rezim views and click akibat kuatnya peran platform global. Standar jurnalisme akhirnya semakin merosot, harus ada kesadaran dari para komunitas untuk bangun dan cari solusi bersama-sama," ujar Arifin saat memberikan sambutan dalam HUT ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

Oleh sebab itu, Dewan Pers bersama Task Force Media Sustainability menghasilkan draf regulasi tanggung jawab platform global untuk mewujudkan jurnalisme berkualitas. Saat ini, draf sudah berada di tangan pemerintah.

Untuk mendorong agar draf bisa menjadi regulasi yang sah, Forum Pemred membentuk Tim Ekosistem Media. Tim ini berasal dari internal dan eksternal yang akan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

"Tim ini akan menjadi partner atau rekan yang konstruktif sekaligus kritis bagi Dewan Pers dan berkolaborasi pada para pemangku kepentingan dalam menyusun ekosistem media yang lebih baik dan sehat," jelasnya.

Tim ini diketuai oleh Purwanto, sementara posisi Wakil Ketua dijabat Arif Budi Susilo. Kemudian, Sekretaris dijabat oleh Irna Gustiawati. Adapun tim ini beranggotakan tujuh orang yakni, Kemal E. Gani, Ninuk M. Pambudi, Agus Sudibyo, Meta D. Saputra, Irfan Junaedi, Gaib Maruto Sigit, dan Ardian Tedjo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luncurkan Logo Baru

Dalam HUT ke-10 ini, Forum Pemred juga meluncurkan logo baru yang berbentuk balon percakapan. Logo itu dibuat oleh salah seorang desainer dari Majalah Tempo Eko Punto.

Dalam acara ini, hadir langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kemudian, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini