Sukses

Jakmania Akan Dilibatkan dalam Pemeliharaan JIS 

Pelibatan Jakmania ini dilakukan untuk mencegah insiden ambruknya pagar pembatas tribun JIS terulang kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Suporter klub sepakbola Persija, Jakmania akan dilibatkan dalam pemeliharaan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kebijakan ini diambil usai insiden robohnya pagar pembatas tribun utara JIS saat grand launching pada Minggu (24/7/2022) lalu.

Project Director Pembangunan JIS, Iwan Takwin menyampaikan, nantinya Jakmania akan ditempatkan di setiap blok tribun untuk mengamankan kondusifitas selama hingga pertandingan selesai.

"Harapan kami nanti di setiap blok-blok tribun tersebut akan ada pihak Jakmania yang kita kolaborasikan untuk kita mengamankan bagaimana supaya tidak terjadi aksi seperti kemarin," kata Iwan saat rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Selain melibatkan Jakmania, kata Iwan, pihaknya juga telah mengecor pagar pembatas yang ada di JIS untuk menopang beban yang ada. Pengecoran tersebut kemudian ditambah dengan pengikat baja siko, dan ditempel pada sloof tribun.

Buntut robohnya pagar pembatas tribun JIS ini turut membuat Jakpro melakukan tes kejut pada konstruksi.

"Kita mengulangi pengetesan beban kejut, kita menggantungkan beban 100 meter dengan digantungkan mendadak gitu kita lihat reaksinya itu kita lakukan di lapangan," ucap Iwan menandaskan.

Sebelumnya diberitakan, pagar pembatasan penonton tribun utara JIS ambruk di tengah acara grand launching stadion baru Jakarta itu pada Minggu (24/7/2022) sekitar pukul 17.40 WIB.

Jelang pertandingan persahabatan antara Persija dengan klub sepak bola asal Thailand Chonburi, kondisi pagar pembatas mulai mengalami tanda-tanda akan ambruk. Bentuk pagar sudah terlihat menjorok ke arah selatan.

Sebelum pagar ambruk, sejumlah penonton terlihat duduk di pagar tersebut untuk memasang spanduk curva nord Persija. Dari kejadian tersebut satu orang ditandu oleh petugas medis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov DKI Akan Atur Penempatan Suporter

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan Pemprov DKI dan pihak terkait akan mengatur titik kumpul supporter sepak bola saat berlaga di Jakarta International Stadium (JIS).

Rencana ini seiring kejadian ambruknya pagar pembatas tribun, saat pertandingan persahabatan Persija dengan klub sepak bola asal Thailand Chonburi, dalam grand launching JIS.  

"Kapasitasnya nanti kami atur agar tidak menumpuk di satu titik, agar bobotnya bisa kurang," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (25/7/2022).

Meski tidak membenarkan tindakan para penonton dengan menduduki pagar pembatas, Politikus Gerindra ini memahami euforia para suporter mendukung klub kesayangan bertanding. Terlebih lagi, pertandingan digelar di stadion yang dibanggakan Persija dan Tha Jakmania.

Dari kejadian robohnya pagar pembatas tribun, Riza meminta para suporter agar menunjukan sikap tertib dan bertanggung jawab atas fasilitas stadion yang menjadi venue pertandingan.

"Kalau bangunannya berkelas international ya suporternya harus berkelas international, kalau JIS bangunnannya hebat, suporternya harus lebih hebat," kata dia.

 

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.