Sukses

Mendagri Tito Minta Partisipasi Seluruh Gubernur Soal Revitalisasi Anjungan TMII

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno meninjau area revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kunjungan tersebut turut didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktur Utama dan Direktur Teknik & Infrastruktur PT TWC BPRB, serta Executive Vice President TMII.

Tinjauan itu dilakukan pada Minggu (17/7/2022) pagi, Mengutip siaran pers pusan penerangan Kementerian Dalam Negeri, tinjauan diawail dengan mengunjungi sejumlah anjungan provinsi, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Kalimantan Tengah, Papua Barat, dan daerah lainnya.

Tito mengatakan, dengan adanya renovasi, TMII diharapkan memiliki wajah lain yang membuat masyarakat dan dunia internasional lebih tertarik.

Menurut dia, pemerintah pusat telah membuat desain besar TMII bagi daerah-daerah agar terintegrasi. Selain itu, pemerintah pusat juga terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah agar renovasi tersebut bisa segera dilaksanakan.

“Jadi nanti follow up-nya ini, dengan kehadiran kami dan Bapak Mensesneg, kita sudah buat video-video. Kita turun langsung, sudah sampaikan kepada gubernur, para gubernur juga antusias, mereka akan membuat tim (untuk renovasi),” kata Tito dalam keterangan resminya, Minggu (17/7/2022).

Mewakili pemerintah pusat, Pratikno menyampaikan, kedatangan rombongannya ke TMII untuk meninjau perkembangan terakhir dari renovasi.

Berdasarkan hasil peninjauan, diketahui telah banyak sekali perkembangannya. Mulai dari segi infrastruktur yang saat ini diperbaiki oleh Kementerian PUPR maupun pembenahan anjungan-anjungan provinsi.

"Terkait dengan anjungan provinsi monggo (direnovasi), kalau anjungan K/L (kementerian/lembaga) saya tadi sudah menghubungi beberapa menteri, misalnya Kominfo, ESDM, Kemenhan, dan lain-lain, untuk segera juga memperbaiki agar sejalan dengan desain yang baru. Seperti saudara-saudara lihat di sini Archipelago sudah hampir jadi," terang Pratikno.

Pratikno melanjutkan, akan ada sejumlah pembangunan di TMII yang dilakukan oleh Kementerian PUPR beserta tim. Melalui langkah ini, TMII diharapkan tidak hanya menjadi tempat rekreasi tetapi juga sebagai sarana edukasi.

"Ini akan menjadi tempat yang menarik, bukan hanya untuk wisata tetapi juga untuk edukasi. Misalnya museum-museum kementerian juga kita dorong untuk menjadi edukasi, bahkan kita juga memikirkan untuk menjadi bagian dari merdeka belajar," Pratikno menutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Optimis Revitalisasi Selesai Tepat Waktu

Diketahui, sebelum penyelenggaraan G20. PT Brantas Abipraya (Persero), optimis revitalisasi TMII akan selesai tepat waktu.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut akan fokus dalam pembangunan area Lanskap Pulau-Pulau di Danau Archipelago dan Revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Kami optimis dapat merampungkan pengerjaannya tepat waktu sesuai dengan yang ditargetkan Menteri PUPR bahwa memproyeksikan renovasi TMII rampung pada akhir Juli 2022 ini,” Ungkap Sujardi yang dikutip dari website brantas abipraya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS