Sukses

Tali Jaring di Koper Bagasi Jemaah Haji Indonesia Akan Digunting

Petugas mengingatkan para jemaah haji yang akan dipulangkan ke Tanah Air agar tidak mengikat koper mereka dengan tali jaring karena dapat mengganggu pemeriksaan di bandara.

Liputan6.com, Jakarta - Koper bagasi jemaah haji Indonesia yang akan pulang ke Tanah Air telah ditimbang dan dicek mulai Rabu (13/7/2022). Penimbangan koper dilakukan untuk jemaah haji yang pulang ke Indonesia pada Jumat 15 Juli 2022 besok.

"Terkait dengan barang jemaah, hari ini dilakukan penimbangan barang yang nanti dilakukan di hotel-hotel tempat menginap jemaah yang disaksikan oleh ketua kloter dan ketua rombongan. Untuk memastikan barang jemaah sesuai dengan berat timbangan masing-masing," kata Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Rabu.

Dia mengingatkan, jemaah haji tidak boleh memasukkan barang-barang yang dilarang dalam penerbangan ke dalam koper, seperti air zamzam hingga gas. Koper nantinya akan dicek satu per satu.

Apabila ditemukan barang-barang yang tidak diperlukan, maka pihak kargo akan mengambilnya untuk dikeluarkan dari koper para jemaah haji.

Koper bagasi jemaah ini juga tidak boleh diikat dengan tali jaring. Tali akan dilepaskan atau digunting dari koper karena bisa mengganggu saat pemeriksaan X-Ray

"Kami melaksanakan perintah, ada regulasi dari penerbangan. Memang tidak boleh ada tali karena bisa mengganggu pada saat di X-ray," kata Khemis dari pihak Garuda Indonesia.

Sementara itu, Ketua Kloter SOC 1 Mustofa mengatakan, pihaknya sudah mengundang dari pihak ketua rombongan dan ketua regu untuk mengambil tali jaring di koper jemaah haji.

"Bila ketua rombongan dan regu tidak mau melepas, maka pihak panitia kami persilakan untuk menggunting sendiri tali rajutan di tali koper besar," kata Mustofa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Kloter Pertama Dipulangkan ke Tanah Air

Sementara itu, salah seorang jemaah mengaku mengikat koper bagasi dengan tali rajutan atau tali jaring karena waktu berangkat ke Tanah Suci, kopernya juga ditali. Dia pun merelakan tali kopernya digunting.

"Ya nggak apa-apa. Ikhlas, manut (ikut) aturan," kata Arjudi, jemaah asal Pati, Jawa Tengah.

Sementara itu, jemaah lainnya bersiap siap dan mengecek kembali barang-barang yang akan masuk ke dalam koper bagasi.

Proses pemulangan jemaah haji akan mulai dilakukan pada, Jumat, 15 Juli 2022. Ada enam kloter yang akan dipulangkan

"Ada enam kloter yang akan pulang ke Tanah Air dari Makkah Al-Mukarramah, masing-masing kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta – Bekasi (JKS 1), dan Jakarta – Pondok Gede (JKG 1)," ujar Kepala Daerah Kerja Makkah, Mukhammad Khanif di Makkah, Rabu (13/7/2022).

Lainnya adalah kloter kedua Embarkasi Solo (SOC 2) dan Jakarta - Bekasi (JKS 2).

Menurut Khanif, jemaah SOC 1 menjadi yang pertama diberangkatkan dari hotel mereka di Makkah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Air pada pukul 05.10 waktu Arab Saudi (WAS).

"Aturan pemberangkatan, jemaah sudah diberangkatkan delapan jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi SOC 1 dimungkinkan akan diberangkatkan pada Kamis malam Jumat," terang Khanif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.