Sukses

Jokowi Kenang Sosok Almarhum Tjahjo Kumolo: Pribadi yang Tenang dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki kenangan tersendiri terhadap Almarhum Tjahjo Kumolo.

Menurut dia, sosok Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) itu adalah seorang yang patut diteladani.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana, seorang tokoh teladan, nasionalis sejati yg penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat bangsa dan negara," kenang Jokowi, seperti dikutip dari rekaman video diterima, Jumat (1/7/2022).

Dia pun mendoakan, agar almarhum bisa mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.

Sebagai informasi, saat ini Jokowi tengah berada dalam lawatan di luar negeri, tepatnya di Uni Emirat Arab. Jokowi mendengar kabar duka dari Tanah Air tentang berpulangnya Tjahjo Kumolo ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB.

Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," kata Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Wapres Jadi Imam

Wakil Presiden Maruf Amin menjadi imam salat jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo di Masjid Quba Kemenpan RB.

Maruf Amin yang baru saja tiba dari NTB terlihat masuk ke barisan depan para calon jemaah salat jenazah, yang kemudian berdiri di posisi imam di Masjid Quba Kemenpan RB.

Sebelumnya, jenazah Tjahjo Kumolo diberangkatkan dari rumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan sekitar pukul 15.51 WIB. Jasad Tjahjo dibawa ke kantor Kemenpan RB untuk disalatkan.

Jenazah kemudian tiba di Kemenpan RB sekitar pukul 16.05 WIB. Kedantangan jenazah sudah ditunggu sejak tadi oleh para pegawai Kemenpan RB.

Tak lama kemudian, peti jenazah yang balut bendera Merah Putih ini diantar menuju Masjid Quba Kemenpan RB untuk kemudian disalatkan. Peti digotong oleh prajurit TNI berbaret merah.

 

3 dari 3 halaman

Layaknya Seorang Ayah

Sesampainya di halaman masjid, peti jenazah Tjahjo Kumolo langsung diserahkan kepada para pegawai Kemenpan RB yang kemudian menggotong dan menaruhnya di barisan depan dalam masjid.

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini menyebut, Tjahjo Kumolo bukan hanya sebagai pemimpin, namun layaknya seorang ayah bagi para pegawai.

"Pak Tjahjo itu adalah sosok pimpinan yang bijak, dan beliau melakukan leadership, beliau itu pendekatan kekeluargaan, dan setiap persoalan-persoalan dapat diselesaikan dengan cepat dan sigap. Dan kami semua seluruh pegawai Kementerian PAN-RB merasa kehilangan sosok yang begitu baik dan sosok yang betul-betul seperti ayah kami sendiri karena beliau sangat-sangat-sangat memperhatikan seluruh pegawai," kata dia.