Sukses

Erick Thohir Berziarah ke Makam Buya Syafii

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyempatkan diri untuk berziarah ke makam mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah almarhum Buya Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii di Yogyakarta.

Dia menyebut, sosok almarhum adalah seorang cendekiawan, intelektual, ulama kharismatik, dan guru bangsa.

"Hari ini, saya di sini, di depan makam Buya, ingin menelusuri tapak, mengikuti suluh, dan meneladani ketulusan hidup Buya Syafii Maarif," kata Erick dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

Erick mengenang sosok almarhum Buya Syafii yang memiliki jasa penting merekatkan kerukunan umat beragama melalui berbagai dialog antar iman yang menjadi landasan penting bagi penerus bangsa.

"Sebagai cendekiawan, Buya Syafii Maarif mengajarkan dirinya agar memiliki cakrawala berpikir yang luas," ungkap dia.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu menambahkan perjuangan almarhum Buya Syafii tidak cuma sebatas kata namun dilakukannya dengan aksi nyata.

"Tidak berhenti di satu titik, agar selalu mampu menawarkan solusi bagi masalah kekinian," kata Erick.

 

2 dari 3 halaman

Sosok di Mata Para Tokoh

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan langsung ucapan duka cita atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif. Prabowo menyebut Buya Syafii sebagai tokoh muslim yang sangat bijak, rasional, dan moderat.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama seluruh keluarga besar Partai Gerindra menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Prof Dr H Syafii Maarif," kata Prabowo melalui sebuah video, Minggu (29/5/2022).

"Seorang tokoh bangsa, seorang tokoh pendidikan, seorang tokoh muslim Indonesia yang saya kenal pribadi sebagai seorang tokoh yang sangat bijak, arif, sangat santun, sangat rasional, sangat berilmu, dan sangat moderat," sambungnya.

Menurut Prabowo, kepergian Buya Syafii membuat masyarakat Indonesia merasa kehilangan. Pasalnya, Buya Syafii merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

"Kita bangsa Indonesia, rakyat Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaik," ucap Menteri Pertahanan (Menhan) RI ini.

 

3 dari 3 halaman

Dengan Jokowi

Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. Lewat akun Instagramnya @jokowi, dia turut menceritakan pertemuan terakhirnya dengan sosok guru bangsa tersebut.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," tutur Jokowi seperti dikutip dalam akun Instagramnya, Jumat (27/5/2022).