Sukses

Wagub DKI soal Anies Jadi Bakal Capres NasDem di Pilpres 2024: Tak Ganggu Kinerja

Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal nama Anies Baswedan yang dipilih NasDem menjadi bakal capres di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal nama Anies Baswedan yang dipilih NasDem menjadi bakal capres di Pilpres 2024.

Dia menilai hal tersebut tidak akan mengganggu kinerja Anies yang notabenenya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Insyaallah tidak terganggu (kinerja Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta)," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 17 Juni 2022 malam.

Menurut dia sikap NasDem mengusung nama Anies sebagai bakal Capres 2024 wajar. Mengingat sudah akan masuk tahun politik.

Politikus Gerindra menyebut masa jabatan kepala daerah yang saat ini memimpin hampir usai. Riza dan Anies sendiri bakal berakhir masa jabatannya pada Oktober 2022.

"Ya memang kan ini sudah mulai masuk tahun politik ya ke depan, tentu kita semua yang sekarang menjabat siapapun kepala daerahnya ya kita melaksanakan tugasnya sampai selesai, sampai 16 Oktober," kata Riza.

Sebelumnya, Anies mendapat rekomendasi dari 32 DPW Nasdem, kecuali DPW Nasdem Papua Barat dan DPW Nasdem Kalimantan Timur dalam Rakernas Partai NasDem.

Ada tiga nama kepala daerah yang muncul dalam Rakernas itu, ketiga nama yang diusulkan sebagai bakal capres usulan partai NasDem yakni Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respon Anies

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merespon soal namanya masuk sebagai bakal Capres dari NasDem di Pilpres 2024.

Namun, dia memilih tak bicara. Hanya melempar senyum sambil mengacungkan jempol atau ibu jari saat disinggung mengenai dirinya masuk bursa calon presiden (capres) 2024 dalam rakernas Partai NasDem di Jakarta.

Diketahui, Anies sebenarnya telah ada komunikasi dengan NasDem, yakni ketika ia menyambangi Kantor DPP NasDem dan bertemu Surya Paloh pada 27 Juli 2019.

 

3 dari 3 halaman

Itu Nasib

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Paloh, dalam Rakernas partai telah mengumumkan tiga nama yang akan diusung maju di Pilpres 2024.

Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Meski menjanjikan upaya maksimal pemenangan, Surya Paloh tetap menyatakan berserah pada nasib.

"Kita telah menetapkan tiga kandidat bakal calon presiden Republik Indonesia pada pemilu 2024 mendatang. Dari tiga nama tadi, kursi presiden hanya ada satu. Kursi hanya satu. Seandainya kursi presiden ada dua, ketum tidak perlu memikirkan apa-apa lagi," jelas Surya di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Menurut Surya Paloh, dia akan berupaya menjadi nahkoda dalam meningkatkan elektoral partai dan figur yang diusung maju Pilpres 2024. Dari ketiga nama itu, akan dikerucutkan menjadi satu sosok pilihan.

"Insya Allah kita akan tetapkan satu. Waktu dan tempatnya kita cari hari baik, bulan baik. Bagi kita tidak ada satu pun hal yang amat membuat kita terdesak. Karena apa, saya nyatakan apapun keputusan kita, kita ingin mencalonkan yang terbaik untuk kepentingan bangsa ini," terang Surya.

"Seandainya apapun yang terbaik bagi bangsa ini, sang calon yang kita dukung terpilih kemudian juga lupa pada Nasdem, ah itu sudah nasib kita" sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.