Sukses

PDIP Gelar Rakor Kepala Daerah se-Indonesia Dihadiri Ganjar hingga Gibran

DPP Partai Demokra Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta DPP Partai Demokra Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengikuti acara ini secara virtual.

Sejumlah kepala daerah sudah terlihat di lokasi, sepert Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Pengurus DPP PDIP pun sudah terlihat hadir. Mereka ialah Sekjen Hasto Kristiyanto serta sejumlah Ketua DPP, yakni Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri.

Dalam rakor ini, PDIP akan menggelar konsolidasi partai dari kalangan kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Indonesia.

Sebanyak 192 kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat provinsi, kota, dan kabupaten diundang dalam acara.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan pengarahan sebagai tanda pembukaan rakor itu.

Aula tempat lokasi pengarahan pun sangat padat, terlihat anggota PDIP sekaligus Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo berdiri mengikuti acara itu.

"Ini membuktikan banyaknya kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan sampai-sampai aula ini tidak muat," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (16/6/2022).

Hasto menekankan inti konsolidasi PDIP yang harus diingat kader dan seluruh Tiga Pilar.

"Skala prioritas saat ini adalah konsolidasi menyeluruh. Mengejar prestasi Tiga Pilar seluruh lini dan mendukung pemerintahan Jokowi," ucap Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan Ingatkan di PDIP Tidak Ada Istilah Bintang Bersinar Sendiri

Ketua DPR RI Puan Maharani menyambangi kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Sidoarjo. Ketua DPP PDI Perjuangan itu mengingatkan kader untuk memanaskan mesin partai mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai.

"Saya minta segenap struktur DPC PDI Perjuangan Sidoarjo hafal jadwal-jadwal Tahapan Pemilu 2024 di luar kepala," kata Puan, dalam keterangannya, Kamis (16/6/2022).

Puan menjelaskan, tahapan pertama Pemilu 2024 yaitu pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu akan dimulai pada 29 Juli-13 Desember mendatang. Ia meminta seluruh mesin partai sudah mulai bergerak sejak sekarang.

"Sudah tidak bisa tidak, mesin partai dari sekarang sudah harus panas, tidak boleh sekadar hangat-hangat lagi, sudah harus bergerak kencang," tuturnya.

Sebagai partai pemenang pemilu, Puan menyebut, PDIP harus bisa menabuh genderang sendiri. Ia menegaskan, PDIP harus bisa mengatur ritme sendiri tanpa terpengaruh pihak lain.

“Justru yang lain yang harus mengikuti ritme kita,” ujar Puan.

Puan juga mengingatkan, mesin partai harus bergerak secara bersama-sama. Sebab, kata Puan, peserta pemilu adalah partai politik.

"Bukan pribadi-pribadi sendiri. Apalagi di PDI Perjuangan, tidak ada istilahnya bintang bersinar sendiri. Yang ada adalah Pancasila sebagai bintang penuntun kita, dan inti Pancasila adalah gotong royong,” sebutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.