Sukses

Infografis 5 Wajah dan Jabatan Baru di Reshuffle Kabinet Jokowi 15 Juni 2022

Pihak Istana menyatakan reshuffle kabinet bukan dilakukan secara mendadak, melainkan semacam penyegaran dan sudah melalui diskusi panjang. Namun, sejumlah pihak menuding perombakan kabinet kali ini terkesan bagi-bagi kursi di antara partai koalisi pendukung pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Ada wajah baru menghuni Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin. Reshuffle kabinet kembali terjadi. Bertempat di Istana Negara, Jakarta, Rabu 6 Juni 2022, Jokowi melantik dan mengambil sumpah dua menteri baru beserta tiga wakil menteri atau wamen.

Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang atau ATR dan Kepala Badan Pertanahan Nasional. Mantan Panglima TNI ini menggantikan pejabat lama, yakni Sofyan Djalil. Sementara, Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan. Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN itu menggantikan pejabat lama, yaitu Muhammad Lutfi.

Adapun John Wempi Wetipo yang sebelumnya Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR dijadikan Wamen Dalam Negeri. Dua wamen lainnya yang dilantik berasal dari kalangan partai politik koalisi pemerintah. Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang atau PBB Afriansyah Noor dilantik sebagai Wamen Ketenagakerjaan. Selanjutnya, Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Raja Juli Antoni menjadi Wamen ATR.

Kabar reshuffle menteri kali ini memang berembus kencang sehari sebelumnya. Sebab, delapan orang yang terdiri dari sejumlah menteri, wamen, dan tokoh telah dipanggil ke Istana Negara untuk bertemu Jokowi. Mulai dari Zulkifli Hasan, Muhammad Lutfi, Prabowo Subianto, hingga Hadi Tjahjanto.

Uniknya, Jokowi kembali merombak kabinetnya pada hari Rabu. Sejak 2015 hingga 2022, enam dari delapan reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi berlangsung pada hari Rabu. Tepatnya pada Rabu Pon, Rabu Wage, dan Rabu Pahing sesuai penanggalan Jawa.

Pihak Istana melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan reshuffle kabinet 2022 ini bukan dilakukan secara mendadak, melainkan semacam penyegaran dan sudah melalui diskusi panjang. Namun, sejumlah pihak menuding reshuffle kabinet kali ini terkesan bagi-bagi kursi di antara partai koalisi pendukung pemerintah.

Apa saja ragam tanggapan terkait reshuffle jilid ketiga di Kabinet Indonesia Maju? Bagaimana kilas balik deretan reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis 5 Wajah & Jabatan Baru di Reshuffle Kabinet Jokowi 15 Juni 2022

3 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Reshuffle Kabinet Jokowi 15 Juni 2022

4 dari 4 halaman

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.