Sukses

Sederet Untaian Doa untuk Eril Anak Ridwan Kamil

Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hingga saat ini belum menemukan titik terang. Seperti diketahui, Eril dinyatakan hilang sejak Kamis 26 Mei 2022 usai terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hingga saat ini belum menemukan titik terang. Seperti diketahui, Eril dinyatakan hilang sejak Kamis 26 Mei 2022 usai terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss.

Meski pihak keluarga telah mengikhlaskan Eril meninggal dunia, tetapi pencarian di Sungai Aare Swiss terus berlanjut. Kepolisian Bern memastikan tidak akan berhenti mencari Eril.

Bahkan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern mengungkap, hingga Selasa 7 Juni 2022 waktu Swiss, pencarian Eril telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare.

Sejumlah tokoh pun melakukan takziah dan mendoakan Eril. Tak lupa, mereka juga mendoakan agar Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya serta anak perempuan mereka, Camillia Latetia Azzahra atau Zara diberikan kekuatan juga kesabaran.

Salah satunya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY bertakziah ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung. AHY menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss.

Bersama rombongan Dewan Pimpinan Pusat dan DPD Partai Demokrat Jawa Barat, AHY tiba di Gedung Pakuan pukul 15.50 WIB, setelah menempuh perjalanan darat dari Jakarta.

"Saya bersama keluarga besar Partai Demokrat baik di tingkat pusat maupun di provinsi Jawa Barat, sore hari ini berkesempatan untuk melakukan takziah. Kami secara khusus datang dari Jakarta untuk menyampaikan duka cita yang mendalam dari saya pribadi dan keluarga, juga mewakili seluruh kader Partai Demokrat," kata AHY kepada wartawan, Rabu 8 Juni 2022.

Kemudian ada pula Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan belasungkawa kepada Ridwan Kamil atas wafatnya putra sulung Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Menpora Zainudin Amali datang dengan pakaian putih dan memakai peci. Saat ditemui usai bertakziah, ia turut berduka atas berpulangnya Eril.

"Saya turut berdukacita pada Bapak Gubernur Jawa Barat Pak Ridwan Kamil atas berpulangnya putra beliau. Saya mendoakan almarhum khusnul khotimah diterima semua amal baiknya diampuni segala hilap dan salahnya," ucap Amali.

Berikut sederet untaian doa dari para tokoh untuk anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Partai Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertakziah ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung. AHY menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss.

Bersama rombongan Dewan Pimpinan Pusat dan DPD Partai Demokrat Jawa Barat, AHY tiba di Gedung Pakuan pukul 15.50 WIB, setelah menempuh perjalanan darat dari Jakarta.

"Saya bersama keluarga besar Partai Demokrat baik di tingkat pusat maupun di provinsi Jawa Barat, sore hari ini berkesempatan untuk melakukan takziah. Kami secara khusus datang dari Jakarta untuk menyampaikan duka cita yang mendalam dari saya pribadi dan keluarga, juga mewakili seluruh kader Partai Demokrat," kata AHY kepada wartawan, Rabu 8 Juni 2022.

AHY diterima langsung oleh Ridwan Kamil dan istri Atalia. AHY langsung memeluk Ridwan Kamil dengan erat dan menyampaikan rasa duka.

"Saya tadi menyampaikan, membisikan ke telinga Kang Emil bahwa saya tidak mungkin bisa berpura-pura merasakan apa yang Kang Emil dan Teh Lia serta keluarga rasakan, karena memang sangat mengejutkan dan sangat meninggalkan duka yang mendalam," kata AHY.

Dalam kesempatan itu AHY juga menyampaikan doa untuk Eril dan keluarga besar Ridwan Kamil. AHY berharap Eril diterima di sisi Allah SWT.

"Tentu kepada Kang Emil dan Teh Lia kami semua mendoakan semoga almarhum Eril, putra pertama kesayangan keluarga besar husnul khotimah, diterima di sisi terbaik Allah SWT, diampuni segala dosa, khilaf dan salahnya selama hidup, begitu pula diterima segala amal ibadah dan kebaikannya," doa AHY.

"Kami juga tentu mendoakan semoga Kang Emil, Teh Lia dan keluarga besar, semua yang mencintai dan menyayangi Ananda Eril juga diberikan kekuatan, ketegaran, kesabaran dan kelapangan jiwa untuk menerima takdir ini," lanjut AHY.

Sebelumnya AHY juga sempat menuliskan pesan duka dan doa dalam selembar sticky note. Dalam sticky note itu, AHY mendoakan agar Ridwan Kamil dan keluarga senantiasa diberikan ketabahan.

"Kang Emil, Teh Lia dan keluarga Besar, saya dan keluarga, juga keluarga besar Partai Demokrat senantiasa mendoakan Alm. Eril husnul khotimah, mendapatkan tempat mulia di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga Kang Emil dan keluarga diberikan kekuatan, ketegaran, dan ke lapangan jiwa atas takdir ini. Aamin," tulis AHY.

AHY menempelkan kertas tersebut di Ruangan Ekspresi. Di tembok ruang ekspresi ini sudah tertempel ratusan sticky note berisi doa-doa dari para tamu yang datang bertakziah.

 

3 dari 6 halaman

2. Petinggi PAN

Kepergian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril membawa duka mendalam untuk keluarga. Sejumlah tokoh pun hadir ke kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk memberikan ungkapan belasungkawa.

Tampak di antaranya kedatangan sejumlah tokoh politik, yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa, yang hadir di Gedung Negara Pakuan (Rumah Dinas Gubernur Jabar), sekitar pukul 09.00 WIB.

Keduanya datang untuk bertakziah dan menguatkan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil agar tetap tabah dan ikhlas dalam menjalani aktivitasnya. Apalagi Kang Emil harus mengurusi 50 juta jiwa penduduk Jawa Barat.

"Kami datang hari ini dan tidak awal-awal karena terus terang tak mudah. Kita saja terasa berat dan terpukul sebagai seorang sahabat Kang Emil, kami tak bisa melukiskan dengan kata-kata," kata Zulkifli Hasan saat ditemui awak media di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 7 Juni 2022.

Setelah berbincang dengan Kang Emil, Zulkifli meyakini, bahwa sosok Gubernur Jabar tersebut memang memiliki mental baja dan kuat dalam menghadapi cobaan yang sulit ini.

"Tadi setelah ketemu Kang Emil, Alhamdulillah saya bersyukur ternyata Gubernur kita ini luar biasa punya mental yang tegar sekali, bisa cerita, dan sudah bekerja itu luar biasa," imbuhnya.

Tak lupa, ia mendoakan agar keluarga Kang Emil diberikan kekuatan, ketabahan dan keikhlasan menerima takdir ini. Zulkifli juga menyebut ananda Eril meninggal dalam keadaan syahid.

"InsyaAllah syahid, ya, putra Kang Emil. Sekali lagi kita doakan Kang Emil diberikan kekuatan dan ketabahan bersama Ibu (Atalia), dan almarhum putra beliau ditempatkan yang terbaik di sisi Allah. Insya Allah jihad karena mau nyari sekolah, ya, ke sana," ungkapnya.

Zulkufli tak datang sendirian, saat menyambangi kediaman Kang Emil. Ia bersama Hatta Rajasa yang turut mendoakan agar upaya pencarian Eril bisa berjalan lancar.

"Kami memberikan rasa simpati dan duka, sekaligus kami mendoakan agar upaya-upaya kita untuk menemukan kembali Eril dikabulkan Allah SWT. Kalau Allah berkehendak apa pun bisa terjadi," ucap Hatta.

Selain mendoakan agar keluarga Kang Emil diberikan ketabahan dan kekuatan. Hatta mengungkapkan, walaupun menerima musibah yang sangat menyedihkan, sosok Kang Emil tetap tegar.

"Gubernur ini tegar sekali selama menghadapi cobaan. Jadi kita mendoakan dan menghibur, semoga keluarga dapat melewati masa-masa yang sedih ini dengan sabar," jelas dia.

 

4 dari 6 halaman

3. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta istri menyampaikan rasa belasungkawa dan duka cita secara langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin 6 Juni 2022.

Anies Baswedan datang ke rumah dinas Gubernur Ridwan Kamil sekitar pukul 19.30 WIB. Ketika tiba, Anies langsung memeluk erat Kang Emil dengan mata berkaca-kaca.

"Jadi kami hadir bertemu dengan Kang Emil dan Teh Atalia menyampaikan ungkapan belasungkawa rasa dukacita kami, pribadi, keluarga dan atas nama seluruh masyarakat Jakarta, yang hari Jumat kemarin masjid di Jakarta mengadakan shalat ghaib untuk Eril itu yang tadi kami sampaikan," ungkap Anies.

Di sela-sela bertakziah, Anies banyak mendengarkan cerita tentang sosok Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di mata orang tua.

"Kemudian tentu kita mendengarkan cerita, ngobrol, mendengar penuturan banyak hal. Tapi kejadian ini membukakan banyak hal ada begitu banyak kebaikan yang Eril lakukan yang ceritanya baru bermunculan sekarang," imbuhnya.

Setelah mendengar cerita tersebut, Anies meyakini bahwa Eril akan menjadi pengangkat derajat keluarga Kang Emil dan Atalia. Selain itu, ia menyebut bahwa kematian tidak bisa dilihat dari umur, karena akan datang kapan saja.

"Kami yakin Insya Allah Eril husnul khatimah ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan nantinya Insya Allah menjadi pembuka pintu jannah (surga) bagi ibunya, ayahnya, kita tidak pernah tahu siapa lahir duluan siapa wafat duluan," ujar Anies.

Dari peristiwa yang dialami kolega sesama gubernur, menurut Anies bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat Indonesia mengenai arti keikhlasan dan ketabahan sebagai orang tua.

"Insya Allah keluarga diberikan kekuatan, ketabahan, sebagaimana selama ini mereka menunjukan sikap orang tua yang tabah yang ikhlas jadi teladan bagi kita semua," pungkasnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Gubernur Sumbar

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bertakziah ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa malam 7 Juni 2022.

Mahyeldi secara langsung menyampaikan belasungkawa kepada Ridwan Kamil atas wafatnya putra sulung Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

"Atas nama pribadi dan keluarga, kami turut berduka atas kepergian Eril, insyaallah ananda syahid, dan menjadi tabungan Kang Emil di surga," ucap Buya Mahyeldi.

Selama berbincang, menurut Buya Mahyeldi, Kang Emil terlihat tegar dan tabah ketika menceritakan anak sulung yang sangat ia cintai.

"Meski masih diliput duka, Kang Emil tetap tampak sangat tabah dan kuat ketika bercerita di hadapan saya," sambungnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bertakziah ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa malam 7 Juni 2022.

Amali secara langsung menyampaikan belasungkawa kepada Ridwan Kamil atas wafatnya putra sulung Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Menpora Zainudin Amali datang dengan pakaian putih dan memakai peci. Saat ditemui usai bertakziah, ia turut berduka atas berpulangnya Eril.

"Saya turut berdukacita pada Bapak Gubernur Jawa Barat Pak Ridwan Kamil atas berpulangnya putra beliau. Saya mendoakan almarhum khusnul khotimah diterima semua amal baiknya diampuni segala hilap dan salahnya," kata Amali.

Dia mengatakan bahwa setiap orang yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Oleh karenanya, semua orang harus menerima takdir dari Yang Maha Kuasa Allah SWT.

"Kita tahu bahwa setiap-setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Tidak ada satupun di antara kita yang bisa menghindar dari ketentuan Allah," ucapnya.

"Semoga keluarga diberi ketabahan, kita serahkan semua kepada Allah SWT, karena semua takdir ada dalam kehendak Allah SWT," tutup Menpora Amali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.