Sukses

Libur Kenaikan Isa Almasih, Jalur Puncak Bogor Diterapkan Ganjil Genap

Polisi menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kemacetan saat momen libur Kenaikan Isa Almasih. Salah satunya dengan menerapkan sistem one way buka tutup dan ganjil genap di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalan tol maupun jalur wisata pada momen hari libur nasional dalam rangka Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan sedikitnya ada lima strategi yang dilakukan kepolisian dalam mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di hari libur nasional Kenaikan Isa Almasih.

Khusus di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, kepolisian bersama otoritas setempat memberlakukan sistem buka tutup satu arah (one way) dan ganjil genap pada saat pagi dan siang hari.

“Sistem one way dan ganjil genap ini juga situasional, pagi hari untuk kendaraan yang naik ke Puncak, dan siang hari untuk kendaraan yang turun kembali ke Jakarta,” kata Ramadhan seperti dikutip dari Antara, Kamis.

Kepolisian juga menyiapkan rekayasa lalu intas contraflow atau lawan arus di sejumlah titik ruas tol.  

Sebagian warga diperkirakan ada yang mengambil cuti pada Jumat (27/5/2022) untuk pergi ke luar kota, sehingga diprediksi terjadi kenaikan volume kendaraan bermotor di jalan konvensional dan tol.

“Untuk jalan tol, bila terjadi kepadatan tetap akan diberlakukan contra-flow terutama di KM 47 sampai dengan 62.500 Tol Jakarta-Cikampek,” ujar Ramadhan.

Pemberlakuan contraflow ini juga bersifat situasional melihat kondisi di lapangan. Apabila volume kendaraan di dalam tol lebih dari 3.000 unit, maka polisi akan mengambil diskresi pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Terjunkan Personel di Kawasan Wisata

Kemudian, anggota Polri khususnya polres di wilayah menurunkan personel di lokasi-lokasi objek wisata dengan tugas mengurai arus lalu lintas dan melakukan pengamanan.

“Langkah yang keempat, meningkatkan patroli terpadu di lokasi-lokasi keramaian,” kata mantan Kabagpenum Divisi Humas Polri itu.

Yang kelima, melakukan antisipasi kejadian kontingensi seperti bencana alam dan kecelakaan lalu lintas.

“Langkah kontingensi ini dilakukan bersama-sama Tim SAR,” kata Ramadhan.

Libur Kenaikan Isa Almasih dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata, salah satunya di kawasan Puncak, Bogor yang menjadi alternatf liburan masyarakat di wilayah Jabodetabek.

Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan ganjil genap di Jalur Puncak guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.