Sukses

6 Fakta Terkait Menyebarnya Penyakit Cacar Monyet di Amerika Utara dan Eropa

Penyakit cacar monyet atau monkeypox biasanya terjadi di benua Afrika, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia pada Mei 2022 di negara-negara non-endemik, terutama di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit cacar monyet atau monkeypox biasanya terjadi di benua Afrika, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia pada Mei 2022 di negara-negara non-endemik, terutama di Inggris.

Namun, Negara bagian New South Wales (NSW) Australia mengumumkan kasus "kemungkinan" pertama di negara itu dari virus cacar monyet atau monkeypox, yang telah menyebar ke seluruh Eropa.

Kasus ini berasal dari seorang pria NSW berusia 40-an yang baru saja kembali dari Eropa. Hal tersebut disampaikan Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant.

Menurut Chant, penyakit cacar monyet atau monkeypox tidak dapat menyebar dengan mudah antar manusia.

"Orang dapat tertular cacar monyet melalui kontak yang sangat dekat dengan orang yang terinfeksi virus," kata Chant, mengutip laman Xinhua, Jumat 20 Mei 2022.

"Infeksi biasanya penyakit ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu," sambung Chant.

Pada Selasa 17 Mei 2022 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan pejabat kesehatan Inggris dan Eropa mengenai wabah baru.

"Kita benar-benar perlu lebih memahami tingkat cacar monyet di negara-negara endemik ... untuk benar-benar memahami berapa banyak yang beredar dan risiko yang ditimbulkannya bagi orang-orang yang tinggal di sana, serta risiko ekspor," ahli epidemiologi penyakit menular Dr. Maria Van Kerkhove mengatakan pada konferensi pers WHO pada hari Selasa tentang masalah kesehatan global.

Berikut sederet fakta terkait penyakit cacar monyet atau monkeypox yang belakangan ini menghantui wilayah negara-negara Eropa dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Terdeteksi di Amerika Utara dan Eropa

Otoritas kesehatan di Amerika Utara dan Eropa telah mendeteksi puluhan kasus yang diduga atau dikonfirmasi dari monkeypox atau cacar monyet sejak awal Mei, memicu kekhawatiran penyebaran penyakit endemik di beberapa bagian Afrika.

Kanada adalah negara terbaru yang melaporkan sedang menyelidiki lebih dari selusin kasus yang diduga cacar monyet, setelah Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus yang mungkin dan terverifikasi. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis 19 Mei 2022.

Inggris telah mengkonfirmasi sembilan kasus sejak 6 Mei, dan Amerika Serikat memverifikasi yang pertama pada Rabu (18 Mei), dengan mengatakan seorang pria di negara bagian timur Massachusetts telah dites positif terkena virus setelah mengunjungi Kanada.

Cacar monyet, yang sebagian besar terjadi di Afrika barat dan tengah, adalah infeksi virus yang mirip dengan cacar manusia, meskipun lebih ringan. Ini pertama kali direkam di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an.

Penyakit yang sebagian besar orang pulih dalam beberapa minggu dan hanya berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi, telah menginfeksi ribuan orang di beberapa bagian Afrika Tengah dan Barat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi jarang terjadi di Eropa dan Afrika Utara.

Penyakit ini sering dimulai dengan gejala seperti flu seperti demam, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening sebelum menyebabkan ruam seperti cacar air di wajah dan tubuh.

 

3 dari 7 halaman

2. Kasus Pertama di Inggris

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya berkoordinasi dengan pejabat kesehatan Inggris dan Eropa mengenai wabah baru.

"Kita benar-benar perlu lebih memahami tingkat cacar monyet di negara-negara endemik ... untuk benar-benar memahami berapa banyak yang beredar dan risiko yang ditimbulkannya bagi orang-orang yang tinggal di sana, serta risiko ekspor," ahli epidemiologi penyakit menular Dr. Maria Van Kerkhove mengatakan pada konferensi pers WHO pada hari Selasa tentang masalah kesehatan global.

Kasus pertama di Inggris adalah seseorang yang telah melakukan perjalanan dari Nigeria, meskipun kasus selanjutnya mungkin melalui penularan komunitas, kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) dalam sebuah pernyataan.

"Kasus terbaru ini, bersama dengan laporan kasus di negara-negara di seluruh Eropa, menegaskan kekhawatiran awal kami bahwa mungkin ada penyebaran cacar monyet di dalam komunitas kami," kata Kepala Penasihat Medis UKHSA Dr Susan Hopkins.

 

4 dari 7 halaman

3. Disebut Banyak Menimpa Gay

WHO mengatakan sedang menyelidiki bahwa banyak kasus yang dilaporkan adalah orang-orang yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

"Kami melihat penularan di antara pria yang berhubungan seks dengan pria," kata Asisten Direktur Jenderal WHO Dr. Soce Fall pada konferensi pers.

"Ini adalah informasi baru yang perlu kami selidiki dengan benar untuk memahami lebih baik dinamika penularan lokal di Inggris dan beberapa negara lain," sambungnya.

UKHSA mencatat bahwa cacar monyet sebelumnya tidak dicirikan sebagai penyakit menular seksual, menggarisbawahi bahwa "itu dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seks."

"Siapa pun, terlepas dari orientasi seksualnya, dapat menyebarkan cacar monyet melalui kontak dengan cairan tubuh, luka cacar monyet, atau barang-barang bersama (seperti pakaian dan tempat tidur) yang telah terkontaminasi dengan cairan atau luka orang yang terkena cacar monyet," kata Pusat Penyakit AS. Pernyataan Pengendalian dan Pencegahan (CDC) mengatakan pada hari Rabu, menambahkan bahwa disinfektan rumah tangga dapat membunuh virus di permukaan.

 

5 dari 7 halaman

4. Australia Umumkan Kasus Pertama Kemungkinan Cacar Monyet

Negara bagian New South Wales (NSW) Australia pada Jumat 20 Mei 2022 mengumumkan kasus "kemungkinan" pertama di negara itu dari virus cacar monyet atau monkeypox, yang telah menyebar ke seluruh Eropa. Kasus ini berasal dari seorang pria NSW berusia 40-an yang baru saja kembali dari Eropa.

Seperti dikutip dari laman Xinhua, penyakit ini biasanya terjadi di benua Afrika, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia pada Mei 2022 di negara-negara non-endemik, terutama di Inggris.

Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant mengatakan, penyakit itu tidak dapat menyebar dengan mudah antar manusia.

"Orang dapat tertular cacar monyet melalui kontak yang sangat dekat dengan orang yang terinfeksi virus," kata Chant.

"Infeksi biasanya penyakit ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu," katanya.

Dokter dan pusat kesehatan di seluruh negara bagian telah diperingatkan untuk meningkatkan kesadaran mereka akan potensi kasus lebih lanjut di negara bagian tersebut.

Demikian pula, pihak berwenang di negara bagian Victoria, Australia, telah memperingatkan warga tentang penyakit ini pada pelancong yang kembali ke wilayahnya masing-masing.

Raina MacIntyre, kepala Program Biosekuriti di Institut Kirby di Universitas New South Wales (UNSW), mengatakan bahwa penyakit ini terkait erat dengan virus yang menyebabkan cacar.

"Ini adalah virus pernapasan, tetapi biasanya tidak mudah menyebar antarmanusia, dan biasanya hanya pada kontak dekat. Tingkat infeksi kontak pada penelitian sebelumnya sekitar 3 persen," kata profesor.

Dia mengatakan bahwa vaksin cacar yang ada akan efektif melawan cacar monyet, dan merekomendasikan negara untuk menyimpan vaksin jika wabah semakin meluas.

 

6 dari 7 halaman

5. Inggris Kembali Laporkan 11 Kasus Cacar Monyet, Total 20 Orang Terinfeksi

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pada Jumat menyatakan telah mendeteksi 11 kasus baru cacar monyet, menjadikan total infeksi yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 20 kasus.

Inggris sebelumnya telah melaporkan total sembilan kasus penyakit virus yang biasanya ringan, yang ditandai dengan gejala demam serta ruam bergelombang yang khas.

"Kami memperkirakan peningkatan ini akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang dan lebih banyak kasus diidentifikasi di masyarakat yang lebih luas. Bersamaan dengan ini kami menerima laporan tentang kasus lebih lanjut yang diidentifikasi di negara lain secara global," kata Kepala Penasihat Medis UKHSA Susan Hopkins dalam sebuah pernyataan, dikutip Antaranews, Sabtu 20 Mei 2022.

"Kami terus menyelidiki dengan cepat sumber infeksi ini dan meningkatkan kesadaran di kalangan profesional kesehatan," sambungnya.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan dia telah memberi tahu para menteri kesehatan negara G7 tentang apa yang diketahui sejauh ini tentang wabah tersebut.

"Sebagian besar kasusnya ringan, dan saya dapat mengonfirmasi bahwa kami telah mendapatkan dosis vaksin lebih lanjut yang efektif melawan cacar monyet," kata Javid di Twitter.

Tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet tetapi UKHSA mengatakan vaksin cacar memang menawarkan perlindungan.

 

7 dari 7 halaman

6. Kasus Monkeypox atau Cacar Monyet Menyebar ke Australia dan AS, Meluas di Eropa

Kasus-kasus baru dan yang dicurigai dari monkeypox atau cacar monyet telah muncul di New York City, Amerika Serikat; Swedia, Kanada dan dua kota terbesar di Australia dalam beberapa hari terakhir.

Kemunculan kasus tersebut menunjukkan tanda-tanda bahwa sepupu virus cacar yang langka dan berpotensi mematikan yang secara tradisional terbatas pada daerah-daerah di Afrika sekarang muncul di seluruh dunia, demikian seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (21/5/2022).

Para ilmuwan sedang mencari hubungan antara infeksi yang tersebar yang telah muncul di belahan bumi utara selama sekitar dua minggu sekarang.

Patogen biasanya menyebabkan gejala seperti flu, diikuti oleh ruam yang sering dimulai pada wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini sering berlangsung selama dua minggu hingga satu bulan.

Virus ini tidak menyebar secara efisien di antara orang-orang karena kontak langsung dengan cairan tubuh, luka menular, bahan yang terkontaminasi atau tetesan pernapasan besar diperlukan untuk penularan.

Tetapi bahaya kejadian langka terlihat dalam seberapa luas virus sekarang telah menyebar, dengan beberapa bukti penyebaran komunitas dan kasus bermunculan di banyak penjuru dunia.

Meningkatnya infeksi mungkin merupakan komplikasi yang terkait dengan salah satu kemenangan manusia terbesar yang pernah ada atas penyakit, kata Anne Rimoin, ketua penyakit menular dan kesehatan masyarakat di University of California, Los Angeles.

"Pemberantasan cacar adalah salah satu pencapaian terbesar dalam kesehatan manusia dan sejarah kesehatan masyarakat. Tapi, tentu saja, itu meninggalkan dunia tanpa kekebalan terhadap virus cacar. Tidak mengherankan untuk mulai melihat lebih banyak kasus terjadi ketika orang terpapar," kata dia.

Monkeypox secara signifikan kurang berbahaya daripada cacar, meskipun masih bisa berakibat fatal. Strain yang saat ini beredar diyakini membunuh sekitar 1% dari mereka yang terinfeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.